Sukses

Elektabilitas Rindu Terus Meroket Tinggalkan 3 Pesaingnya

Elektabilitas Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) terus meroket.

Liputan6.com, Jakarta - Elektabilitas Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) terus meroket di survei terbaru. Survei yang digelar Rectroverso Institute menunjukkan, elektabilitas pasangan Rindu meroket di Kota Bandung.

Ridwan Kamil yang merupakan Wali Kota Bandung bersama Uu jauh meninggalkan para pesaingnya dengan perolehan dukungan 53,25 persen, sementara Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi di posisi kedua 26,75 persen, serta Sudrajat-Ahmad Syaikhu dan Hasanudin-Anton bersaing di papan bawah dengan perolehan 9,50 persen dan 8,25 persen.

"Adapun di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rindu unggul dengan 38 persen, disusul Deddy-Dedi 33,78 persen. Sementara TB Hasanudin-Anton Charlian hanya mendapat 6,22 persen, Sudrajat-Ahmad Syaiktu 1,56 persen dan sisanya 20,44 persen tidak menjawab," ujar Peneliti Rectroverso Institute, Romdin Azhar, Rabu 4 April 2018.

Dia menjelaskan, persaingan ketat juga terjadi di Kota Sukabumi. Di mana, kata Romdin, Ridwan-Uu mendapat 40,75 persen yang hanya berselisih 0,75 persen dari Deddy-Dedi dengan 40 persen.

Sementara dua pasangan lain, yakni Sudrajat-Syaikhu dan Hasanudin-Anton hanya mengantongi 7 persen dan 3,75 persen, sisanya 8,50 persen tidak menjawab.

Romdin mengatakan, survei Pilgub Jabar 2018 tersebut sengaja dilakukan hanya di empat daerah karena berbarengan dengan survei Pilkada daerah lain.

Ia menilai, tingkat popularitas empat calon Wakil Gubernur Jabar cenderung masih kurang. Hal itu dinilainya bisa menjadi salah satu penentu perolehan elektabilitas.

"Kalau dari elektabilitas hanya ada dua yang bersaing, yaitu Rindu dan Deddy-Dedi. Keduanya sama-sama memiliki basis suara lokal di daerah masing-masing," kata Romdin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Uu soal Hasil Survei

Menanggapi hasil survei ini, Uu Ruzhanul Ulum merasa bersyukur atas dukungan masyarakat dan relawan selama ini.

"Alhamdulillah, apa yang kita kerjakan ternyata membawa hasil yang baik," ucap Uu.

Mantan Bupati Tasikmalaya ini juga meminta agar relawan terus menyosialisasikan visi dan misi pasangan Rindu.

"Agar masyarakat benar-benar paham atas program yang akan kita lakukan di lima tahun ke depan," tegas Uu.

Uu optimistis, masyarakat sudah pintar dan bisa memilih calon mana yang mampu merealisasikan program-program terbaik untuk masyarakat Jawa Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.