Sukses

KPU Muara Enim Bagikan Ratusan Ribu Alat Peraga Kampanye ke 4 Paslon

Alat Peraga Kampanye (APK) dan bahan kampanye Pilkada Muara Enim sudah dibagikan KPU.

Liputan6.com, Palembang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muara Enim membagikan ratusan ribu Alat Peraga Kampanye (APK) dan bahan kampanye ke empat pasangan calon (paslon) Pemilihan Bupati (Pilbup) Muara Enim 2018.

APK dan bahan kampanye yang dibagikan berupa baleho, spanduk, pamflet, poster dan flyer. Sedangkan APK berupa umbul-umbul masih dalam pengiriman ke Kabupaten Muara Enim Sumsel.

Para Tim Sukses (Timses) paslon Pilkada Muara Enim mengambil langsung ke kantor KPU Muara Enim, pada hari Selasa, 3 April 2018.

Ketua KPU Muara Enim Rohani mengatakan, pembagian APK dan bahan kampanye diharapkan juga menjadi salah satu langkah untuk menyosialisasikan pencoblosan Pilkada Muara Enim pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

Di Pilkada Muara Enim sebelumnya, jumlah partisipan hanya mencapai 75 persen. Di tahun ini, KPU Muara Enim mengharapkan bisa meningkat menjadi 80 persen sesuai target.

"Persyaratan untuk menjadi partisipan, harus ada C6 dan melampirkan Electronic KTP (e-KTP) atau suket," ujarnya kepada Liputan6.com.

Ratusan ribu APK dan bahan kampanye Pilkada Muara Enim yang dibagikan, yaitu 80.000 lembar Flyer, 80.000 lembar brosur, 80.000 lembar pamflet, 80.000 lembar poster, 5 unit baleho dan 510 buah spanduk.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Larangan Pemasangan APK

Diakuinya, jumlah APK secara terperinci memang belum dihitung secara detail. Mereka akan menyiapkan tambahan, jika APK dan bahan kampanye salah satu paslon ada yang kurang.

Komisioner Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Zainudin menghimbau kepada seluruh paslon Pilkada Muara Enim 2018, agar bisa memasang APK dan bahan kampanye ditempat yang sudah ditentukan.

"Jangan melakukan pelanggaran, pasanglah APK di tempatnya yang telah ditetapkan KPU dan mendapat izin dari masyarakat,"ujarnya.

Anggota kepolisian Muara Enim juga akan memonitoring pemasangan APK dan bahan kampanye masing masing calon.

Surat suara yang akan digunakan saat pencoblosan Pilkada Muara Enim mendatang, akan di cetak di Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Perusahaan yang memenangkan tender cetak surat suara yaitu PT Temprina Media Grafika, yang berlokasi di Jalan Karah Agung Surabaya.

 

3 dari 3 halaman

Surat Suara Surabaya

Tender surat suara tersebut dilakukan oleh KPU pusat, namun anggaran pencetakan digelontorkan dari KPU Muara Enim.

“Surat suara yang siap dicetak, telah selesai divalidasi dan telah disetujui oleh para paslon Pilkada Muara Enim. Ukurannya 36x23 cm dengan latar warna bendera merah putih berkibar,” ujar Komisioner Bidang Teknik KPU Muara Enim Ahyauddin.

Ada juga logo KPU Muara Enim di samping kiri atas dan logo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim di samping kanan atas. Jumlah surat suara, lanjut Ahyauddin, dicetak sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah dengan 2,5 persen surat suara cadangan.

"Surat suara akan dicetak 30 hari sebelum pelaksanaan pemilihan sesuai dengan ketentuan . Jika salah satu pasangan mengalami halangan tetap,maka bisa diganti," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.