Sukses

Janji Khofifah Siapkan Pendamping UMKM Jika Jadi Gubernur Jatim

Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa berjanji akan menyiapkan pendamping begi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) apabila terpilih menjadi Gubernur.

Liputan6.com, Malang - Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa berjanji akan menyiapkan pendamping begi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) apabila terpilih menjadi Gubernur. Sebab menurutnya selama ini belum diperhatikan dengan baik.

"Koperasi, menguatkan seluruh ikhtiar-ikhtiar bagaimana penyejahteraan dan keberdayaan masyarakat terutama dari UMKM dan pegiat-pegiat koperasi di Jawa Timur," ujar Khofifah Indarparawansa saat bertemu dengan pelaku usaha dari berbagai organisasi koperasi Indonesia wilayah Jawa Timur di Malang seperto dilansir Antara, Rabu (28/3/2018)

Ia menginginkan produk-produk lokal memiliki posisi daya tawar yang kuat sehingga bisa mendorong peningkatan ekonomi Jawa Timur. Oleh karena itu, kata Khofifah, pemerintah harus mempunyai komitmen kuat untuk memberi perhatian terhadap produk-produk lokal.

Selama ini, kata dia, produk UMKM Jawa Timur yang memiliki nilai estetik dan ekonomi cukup kuat belum diperhatikan dengan baik.

"Mediasi dan partnership harus diperkuat dari kemampuan dan kewenangan pemerintah. Rasanya paling banyak mendengar, paling banyak kami dapatkan, apa yang menjadi sisi-sisi untuk penguatan UMKM dan koperasi di Jawa Timur. Lalu banyak UMKM bagus di Jawa Timur," ucap Khofifah Indarparawansa.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Program Perkuat UMKM

Bersama pasangannya Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Khofifah mengaku telah menyiapkan program khusus untuk menguatkan produk-produk UMKM serta menyiapkan Pusat Informasi Super Koridor dan communal Branding.

"Dari sejumlah koperasi, ada yang mereka butuhkan yakni sentra UMKM. Kami menjawab tidak hanya sentra tapi kita ingin menyiapkan pusat Informasi Super Koridor di 5 Bakorwil. Kami berharap ada Communal branding, ini menjadi penting," kata Khofifah.

Dengan informasi Super Koridor itulah, Khofifah akan menyiapkan pendampingan dari mulai modal, pelatihan manajemen, perluasan marketing digital, hingga pendampingan hukum.

"Kemudian communal Branding juga disiapkan sebagai solusi untuk memberi perlindungan hak intelektual produk seni maupun produk industri. Jadi communal branding dan pusat Informasi Super Koridor bisa berjalan dan akan terjadi pertumbuhan yang lebih cepat dari produktivitas UMKM maupun koperasi di Jawa Timur," jelas Khofifah.

Sementara itu, Plh Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia, Mayjen (Purn) Nachrowi Ramli mengaku siap mendukung Khofifah. Ia berharap Khofifah-Emil memiliki komitmen untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan.

"Khofifah adalah salah satu tokoh koperasi. Kami harap dan berdoa bisa menjadi Gubernur Jawa Timur di periode yang akan datang," terang Nachrowi Ramli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.