Sukses

Ida Fauziah Bertekad Kampanyekan Tahu Sragen

Pengrajin tahu keluhkan mahalnya bahan baku ke Ida Fauziah.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah Ida Fauziah berkunjung ke sentra usaha tahu di Kampung Teguhan, Jawa Tengah. Ia bertekad mengkampanyekan tahu di sana agar dikenal masyarakat.

"Jangan sampai kalah dengan tahu dari provinsi lain," ujar Ida, Minggu (18/3/2018).

Di Kampung Teguhan, mayoritas masyarakat memprodukksi tahu. Tercatat jumlah pengrajin tahu 67 kepala keluarga.

Mereka menggantungkan produksi pada kedelai, yang jadi bahan utama pembuatan tahu. Dalam perbincangan dengan Ida, warga bernama Darno meminta agar harga kedelai tidak mahal.

Masyarakat merasa saat ini harga kedelai cukup tinggi. Per kilogram dibandrol Rp7.200/kg.

Bagi para pengrajin tahu, harga kedelai ideal adalah Rp6.000/kg. "Memang ini kedelai impor, karena kalau pakai kedelai lokal sulit untuk mengolahnya," jelasnya.

Hal serupa juga diungkapkan warga lain, Sukiman. Meski harga kedelai tinggi warga tetap memproduksi tahu. Mereka menyiasati mahalnya bahan baku dengan membuat ukuran tahu yang lebih kecil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disuguhi Tahu

Dalam kunjungannya, Ida disuguhi tahu siap makan dari para pengrajin. Ida Fauziah sendiri menyatakan akan terus memacu keberadaan ekonomi kerakyatan.

"Pemerintah bisa melakukan fasilitasi mulai dari permodalan, promosi, hingga pasar," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini