Sukses

OK OCE Kito, Solusi Cagub Aswari Tekan Pengangguran di Sumsel

Liputan6.com, Palembang - Calon Gubernur (Cagub) Sumatera Selatan (Sumsel) Aswari Rivai resmi meluncurkan program One Kecamatan One Centre Enterpreuner (OK OCE) Kito. Program ini menjadi solusi Aswari Rivai untuk menekan angka pengangguran di Sumsel.

Peluncuran OK OCE Kito yang digelar pada Minggu 11 Maret 2018 di Posko Rumah Juang Pemenangan ASRI (Aswari-Irwansyah), diikuti puluhan warga dan pendukung pasangan calon (paslon) nomor urut 2 ini.

Program yang diadopsi dari ide Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Sandiaga Uno ini mendapat respons positif dari para warga.

Dalam acara ini, turut hadir juga kakak Sandiaga Uno serta pendiri OK OCE, Indra Uno dan Direktur OK OCE Jakarta Faran Jaya.

Aswari Rivai mengatakan, program ini akan direalisasikan ke warga Sumsel, yang ingin hidup mandiri dan mempunyai motivasi untuk berwirausaha.

OK OCE Kito juga menjadi solusi Aswari Rivai-Irwansyah, untuk menekan jumlah pengangguran yang cukup besar di Sumsel.

"Bisa mengurangi pengangguran, memberdayakan Unit Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), serta menanamkan semangat dan jiwa enterpreuner bagi generasi muda," ujar Aswari pada peluncuran OK OCE Kito.

Ketua DPD Sumsel Partai Gerindra ini juga optimistis, program ini akan mudah diserap di Sumsel. Terlebih banyaknya potensi bisnis di Sumsel, terutama Palembang.

Diakuinya, untuk memulai usaha memang tidak mudah dicapai dan butuh perjuangan. Namun program OK OCE Kito ini dapat mempermudah para calon pengusaha di Sumsel.

 

2 dari 3 halaman

Rumah 0 Persen

Mulai dari pelatihan, baik produksi, managemen keuangan, pemasaran hingga permodalan. Mereka juga akan mencetak calon mentor, untuk memperluas jangkauan OK OCE Kito hingga ke kecamatan di 17 Kabupaten/Kota.

"Jadi warga Sumsel tidak lagi tergantung dengan pemerintah. Kalau dulu generasi muda bercita-cita untuk jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), polisi dan TNI. Sekarang mereka bisa mendapatkan peluang lain yang sesuai dengan hobinya," katanya.

Bupati Kabupaten Lahat nonaktif ini melihat program OK OCE bisa juga diterapkan se-Indonesia.

Karena di DKI Jakarta sudah berjalan lancar dan menumbuh kembangkan pengusaha dari berbagai elemen.

Aswari Rivai juga nanti akan mencoba mengadopsi program Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan, yaitu program rumah murah DP 0 persen.

"Potensi lahan di sini cukup banyak, mungkin program itu juga bisa kita terapkan di Sumsel. Di Jakarta juga sudah berjalan, kita optimis disini juga bisa direalisasikan," ucapnya.

Indra Uno mengatakan, usaha harus dimulai dari apa yang disukai dan menjadi hobi. Sehingga bisa berkembang pesat sesuai dengan minatnya.

"Sumsel banyak peluangnya, apalagi saat Asian Games 2018 nanti. Momen besar itu bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan bisnis tradisional dan pemasarannya bisa berkembang hingga tingkat internasional," ujar Indra.

3 dari 3 halaman

Peluang Pengusaha Sumsel

Program OK OCE di DKI Jakarta sudah berjalan sejak tahun 2016 dan bergerak di beberapa kota, seperti Jakarta, Bandung, Daerah Istimewa Yogyakarta, Semarang dan Surabaya.

Bahkan salah satu peserta OK OCE di DKI Jakarta bisa mengembangkan usahanya yang awalnya dimulai tanpa modal sepeserpun.

Sulaiman, warga Kalidoni mengatakan, saat ini peluang pekerjaan di perusahaan atau instansi pemerintahan sangat kecil. Dirinya pun sudah banting setir memulai bisnis di Palembang.

“Potensi usaha di Palembang sangat besar, apalagi Palembang sudah cukup maju. Program ini sangat membantu kami untuk memulai usaha baru, tanpa harus mencari pekerjaan yang persaingannya semakin ketat,”ujarnya.

Aswari Rivai dan Irwansyah maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumsel dengan dukungan dari dua partai politik (parpol) besar. Yaitu Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pun mengamanahkan Aswari Rivai maju sebagai Cagub Sumsel. Sedangkan Irwansyah dipilih mewakili Aswari Rivai, karena berpengalaman di birokrasi.

Muhammad Irwansyah merupakan mantan Wali Kota (Wako) Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung. Kader PKS ini berkomitmen untuk tidak melanjutkan kepemimpinannya, demi mengabdi di tanah kelahirannya di Sumsel.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Survei: PDIP Kembali Menang Pemilu 2024, Prabowo dan Anies Capres Terkuat
Artikel Selanjutnya
Sandiaga Uno dan Anies Baswedan, Siapa Paling Unggul di 2024 Versi Survei