Sukses

Kiat Cagub TB Hasanuddin Atasi Pengangguran di Jabar

Selain program Boga Gawe, pasangan Hasanah juga memiliki 6 program unggulan lainnya yakni Jabar Sebeuh, Sakola Gratis, Imah Reumpeug, Jaber Sebeuh Turkamling, dan molotot.com.

Liputan6.com, Jakarta - Memanfaatkan masa kampanye, calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 Tubagus Hasanuddin berkunjung ke tempat pengrajin keramik gerabah di Desa Anjun, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Selasa 6 Maret 2018.

Kunjungan itu dilakukan Tubagus Hasanuddin dalam rangka menyosialisasikan Boga Gawe, yakni program unggulan untuk mengurangi pengangguran di Jawa Barat hingga 50 persen.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Jawa Barat, jumlah pengangguran di Jawa Barat saat ini mencapai 8,8 persen dari jumlah usia kerja, atau sekitar 2,5 juta.

Untuk mengatasi masalah ini, melalui program Boga Gawe, Hasanuddin bersama pasangannya, cawagub Anton Charliyan yang menamakan diri mereka pasangan Hasanah (Hasanuddin-Anton Amanah), akan membangun SMK dan program setingkat diploma bidang keterampilan dan wirausaha yang disesuaikan dengan karakter daerah.

Langkah lainnya yakni memberi ruang untuk menumbuhkan unit usaha mikro dengan memberi fasilitas modal, pelatihan, dan marketing.

"Kita bisa mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) ke dalam proyek Pemerintah Provinsi Jabar, untuk dapat menampung pekerja melalui program padat karya," ungkap Hasanuddin dalam keterangan tertulisnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

7 Program Unggulan

Kang Hasan menambahkan, langkah lainnya adalah membangun potensi ekonomi baru melalui investasi di bidang perdagangan, jasa, dan pariwisata, serta bekerja sama dengan negara lain dalam penempatan tenaga kerja terampil dan bersertifikat.

"Kita bisa membangun SMK dan program setingkat Diploma dalam mengajarkan bidang keterampilan dan wirausaha," jelas Kang Hasan.

Selain program Boga Gawe, pasangan Hasanah juga memiliki 6 program unggulan lainnya yakni Jabar Sebeuh, Sakola Gratis, Imah Reumpeug, Jaber Sebeuh Turkamling, dan molotot.com.

Di tempat yang sama, pemilik pengrajin keramik gerabah, Dede, mendukung penuh program Boga Gawe pasangan Hasanah. Sebab, program itu, kata dia, bisa mengembangkan potensi UMKM di Kabupaten Purwakarta dan Jawa Barat.

"Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas adanya kunjungan dari Kang Hasan ke tempat saya. Saya pun mendukung program Boga Gawe yang dimiliki Kang Hasan, karena bisa membuka lapangan pekerjaan dengan mengajarkan wirausaha," ujar Hasan.

*Lihat profil para calon yang bertarung dalam Pilkada 2018 di halaman ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.