Sukses

Safari Politik ke Tobasa, Ijeck Ziarah ke Makam Sisingamangaraja

Liputan6.com, Balige - Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, mengawali kampanye Wilayah Zona II di Kabupaten Toba Samosir. Lokasi pertama yang dikunjunginya bersama tim kampanye adalah makam Raja Sisingamangaraja XII, di Soposurung, Balige, Tobasa.

Dengan perjalanan darat ditempuh kurang lebih 5 jam dari Kota Medan, tepat pukul 11.00 WIB Cawagubsu yang akrab dipanggil Bang Ijeck ini sampai di Balige. Begitu sampai di pelataran makam, Bang Ijeck disambut oleh Amang Sinambela, keturunan langsung Sisingamangaraja.

Tak berselang lama, Sinambela pun mengajak Bang Ijeck masuk ke kompleks makam dan sebelumnya meminta beliau melepas alas kaki.

"Untuk menghormati raja dan para leluhur yang dimakamkan di sini, orang yang niat ziarah harus melepas semua alas kaki sebagai tanda penghormatan," kata Sinambela, Soposurung, Minggu (25/2/2018).

Ia kemudian memberikan bunga yang sudah disiapkan sebelumnya kepada Ijeck dan tim kampanye yang ikut berziarah untuk menaburkan bunga di makam Raja Sisingamangaraja XII. Ijeck langsung menaburkan bunga, termasuk makam sang istri Sisingamangaraja XII yang letaknya bersebelahan.

"Menghormati jasa para pahlawan, adalah cerminan Sumut yang bermartabat. Kita jangan sekali-kali melupakan sejarah," kata Ijeck.

Ijeck menambahkan, kegigihan perjuangan Sisingamangaraja XII ini memberikan inspirasi kepada masyarakat Indonesia, khususnya di Sumatera Utara.

"Memperjuangkan kemerdekaan dan menjaga martabat bangsa adalah fitrah bagi semua manusia. Raja Sisingamangaraja XII sudah menularkan semangat juang itu pada kita semua. Mari kita bangun Sumut yang lebih baik," Ijeck memungkasi.

 

2 dari 2 halaman

Dikerumuni Warga

Kabar kedatangan Ijeck di Tobasa ini langsung menyebar ke warga sekitar makam. Warga pun semakin berkerumun ingin melihat lebih dekat dan berkomunikasi langsung dengan Cawagubsu yang diusung oleh 6 partai politik ini.

Setelah dengan sabar menyapa warga setempat , Ijeck pun disambut oleh Tokoh Adat setempat dan diberikan kain ulos sebagai simbol penghormatan. Tak lupa tokoh adat setempat mendoakan agar apa yang menjadi niat dan cita-cita Ijeck yang maju mendampingi Edy Rahmayadi di Pilkada Sumatera Utara 2018.

"Semoga kalian, menang," kata J Silalahi, salah seorang warga.

Setelah berziarah, Cawagubsu Musa Rajekshah dan tim kampanye kemudian melanjutkan perjalanannya ke sejumlah titik di Zona II untuk bertemu dan menyerap aspirasi masyarakat.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Bila Terpilih di Pilkada Sumsel, Aswari Rivai Tiru 2 Program Pemprov DKI
Artikel Selanjutnya
Panwaslu Garut Tolak Seluruh Gugatan Pasangan Agus-Imas