Sukses

Gus Ipul Sambangi Korban Banjir Gresik

Liputan6.com, Surabaya - Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menyambangi korban banjir di Benjeng Gresik Jawa Timur.

Wakil gubernur Jawa Timur dua periode ini akan membuat skala prioritas dalam menuntaskan persoalan banjir.

“Ada dua skala prioritas untuk menangani persoalan banjir yang ada di Jatim, termasuk di sini (Benjeng, Gresik),” tutur Gus Ipul di lokasi banjir, Minggu (25/2/2018).

Skala prioritas yang dimaksud adalah pengerukan sungai dan membuat tanggul. Pengerukan merupakan hal yang paling penting, karena bisa memperlancar aliran dan menghindari banjir, kemudian pembuatan tanggul bisa menghalau air dari sungai supaya tidak membanjiri warga di sekitar sungai.

Untuk bisa mewujudkan dua masalah utama di wilayah yang terkena banjir, Gus Ipul menegaskan supaya semua pihak harus bekerja bersama. Jika nanti mendapat amanah memimpin Jawa Timur, Mantan Ketua Umum GP Ansor ini mengaku akan membuat langkah sinkronisasi skala prioritas.

"Langkah prioritas ini akan saya serahkan ke pusat supaya segera ditangani dengan cepat," katanya.

Persoalan sungai, lanjut Gus Ipul merupakan tanggung jawab pemerintah pusat, tetapi pemerintah provinsi memiliki kewenangan untuk mendorong. Untuk itu, strategi melakukan penanganan banjir harus dilakukan supaya masyarakat tidak menderita.

Di Jatim, ungkap dia, ada 300 sungai besar yang menjadi tanggung jawab provinsi untuk pembenahan. Jumlah tersebut sangat besar hingga mengakibatkan provinsi kuwalahan. 

"Benjeng ini menjadi skala prioritas, karena banjir mengenai pasar sedangkan pasarnya cukup besar. Pasar ini bukan hanya dinikmati warga sekitar tetapi desa lain bahkan kecamatan lain juga menjadikan Pasar Benjeng sebagai tempat belanja. Jadi wajar menjadi prioritas,” ucap Gus Ipul.

 

1 dari 2 halaman

Puti Temui Mantan Gubernur Jatim 

Sementara itu, Cawagub Puti Guntur Sukarno menemui mantan gubernur Jawa Timur (Jatim) Imam Utomo di waktu Subuh. Puti beserta rombongan tiba di kompleks perumahan Margorejo Indah Surabaya Minggu (25/2/2018) sekitar pukul 04.00 WIB.

Sebelumnya telah diumumkan pada para jamaah, bahwa salat subuh Minggu pagi ini, Masjid Nurul Iman akan kedatangan tamu istimewa, Puti Guntur Soekarno, cucu Bung Karno, yang menjadi Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, pasangan Gus Ipul.

Puti Guntur Soekarno didamping suaminya, Joy Kamerun. Ada pula Ketua DPRD Kota Surabaya, Armuji. Kemudian SW Nugroho, anggota DPRD Jawa Timur. Puti juga didampingi Wakil Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dan Arif Afandi, mantan wakil walikota Surabaya.

"Saya bersyukur diterima Pak Imam Utomo. Beliau pernah menjadi tokoh militer dan pemerintahan, mantan gubernur Jawa Timur dua periode. Warga Jawa Timur pasti terkenang kepemimpinan Pak Imam," kata Mbak Puti.

Imam Utomo berkarier di militer dengan pangkat terakhir mayor jenderal angkatan darat. Pernah menjabat Panglima Kodam V Brawijaya. Kemudian terpilih gubernur Jawa Timur 2 periode, 1998-2008, sewaktu pemilihan dilakukan melalui DPRD Jawa Timur.

Imam Utomo menjabat gubernur Jawa Timur, menggantikan almarhum Basori Soedirman. Imam digantikan Soekarwo, gubernur Jawa Timur saat ini, yang terpilih lewat pemilihan langsung oleh rakyat 2008-2018 dua periode.

Selaku tuan rumah, Imam Utomo menyambut Puti dan rombongan di Masjid Nurul Iman. Mereka kemudian menunaikan salat subuh berjamaah. Usai itu Puti Guntur dan Imam Utomo saling melakukan silaturahmi.

Artikel Selanjutnya
Torehkan Prestasi, Khofifah-Emil Dinilai Mampu Bangun Jawa Timur
Artikel Selanjutnya
KedaiKOPI: Elektabilitas Khofifah Berpotensi Susul Gus Ipul