Sukses

Torehkan Prestasi, Khofifah-Emil Dinilai Mampu Bangun Jawa Timur

Khofifah menegaskan siap kembali ke Jawa Timur untuk membangun dan mengentaskan kemiskinan bersama Emil Elistianto Dardak.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak mengukir prestasi di organisasi dan instansi, sosok Khofifah Indar Parawansa dinilai memiliki modal kuat untuk menjadi pemimpin daerah. Kapasitas itu dianggap dapat sebagai pangkal untuk mengatasi problem masyarakat Jawa Timur. 

Menurut pengamat politik Universitas Airlangga (Unair) Airlangga Pribadi Kusman, calon pemimpin Jawa Timur harus dapat mengatasi problem di masyarakat. Terutama tiga persoalan besar yaitu kemiskinan, pengangguran, dan ketimpangan sosial.

"Jangan lupa Bu Khofifah pengalaman 3 tahun Mensos bersama Presiden Jokowi, ikut serta membantu mengentaskan kemiskinan. Itu sebagai pengalaman. Artinya ini punya kontribusi menurunkan gini ratio (ketimpangan). Ini pengalaman yang patut diapresiasi," jelas ucap dia, Jakarta, Minggu (24/2/2018).

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan tingkat ketimpangan penduduk Indonesia pada September 2017 berada pada posisi 0,391. Angka ini menurun sebesar 0,002 poin jika dibandingkan dengan gini ratio Maret 2017 sebesar 0,393.

Lainnya, Khofifah juga sukses membawa Kementerian Sosial meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kemudian penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2017 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) atas program “Risol Gepeng” (Rehabilitasi Sosial Gelandangan Pengemis).

Sementara itu, Khofifah menegaskan siap kembali ke Jawa Timur untuk membangun dan mengentaskan kemiskinan bersama Emil Elistianto Dardak. Khofifah mengaku sudah menyiapkan program khusus untuk mengatasi tiga permasalahan utama Jawa Timur.

"Prestasi pemprov (Jawa Timur) luar biasa, tapi di kemiskinan, di ketimpangan dan pengangguran. Itu tiga PR besar. Tiga hal yang menjadi prioritas harus kerja bersama untuk Jatim Sejahtera. Tidak bisa sendiri," ucap Khofifah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Nawa Bhakti Satya

Pasangan Khofifah-Emil dalam Nawa Bhakti Satya menggagas program Jatim Sejahtera dengan PKH (Program Keluarga Harapan) Plus untuk membantu penduduk miskin 38 kabupaten/kota dan disabilitas, lansia terlantar, perempuan kepala keluarga rentan agar lebih sejahtera.

Kemudian program lainnya adalah Jatim Berdaya dengan mendorong ekonomi kerakyatan melalui UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), koperasi dan Program One Village One Product One Corporate& Agropolitan.

"Ada energi yang kita punya rasanya. Saya lahir di Surabaya dan saya rasa ada gravitasi kuat untuk membaktikan diri di Jawa Timur. Kalau masyarakat Jawa Timur memberikan amanat, kepercayaan itu," pungkas Ketua Muslimat NU tersebut.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.