Sukses

PAN Siapkan Tim Khusus Tangkal Curang Saat Pencoblosan Pilkada Jatim

Liputan6.com, Surabaya - Bendahara DPW PAN Jawa Timur Agus Maimun menyatakan, partainya telah menyiapkan devisi khusus untuk saksi yang terlatih guna menangkal segala bentuk kecurangan pada saat hari pencoblosan Pilkada 2018, 27 Juni.

"Secara internal kami punya divisi untuk saksi yang itu bukan dibentuk pada saat menjelang pilkada, tapi ini sudah divisi yang khusus," tutur Agus di Surabaya, Jumat, 16 Februari 2018.

Dia menjelaskan, divisi saksi ini mencetak kader PAN yang memiliki kemampuan. Ada sekolah khusus, mulai peningkatan SDM, simulasi pemilu, dan pembekalan saksi. Sehingga akan muncul saksi-saksi yang siap mental.

"Untuk Pilgub ini kita tinggal nanti bagaimana sinkronisasi tugas dari koalisi partai-partai. Prinsipnya PAN siap untuk mempersembahkan saksi yang memang diminta oleh partai pengusung maupun tim secara keseluruhan," kata Agus.

Saksi-saksi yang terlatih ini sudah ada di tingkat desa seluruh kabupaten dan kota di Jatim. Sekurang-kurangnya ada lima saksi tiap desa. Nantinya akan ada konsolidasi lagi untuk menambah jumlah saksi, minimal 1 orang per TPS.

"Kemarin yang mengonsolidasikan adalah Ketua Umum PAN Bang Zul (Zulkifli Hasan). Jadi akan ada koordinator tiap desa. Berikutnya per TPS akan dikoordinasikan lewat beberapa titik," Agus menandaskan.

1 dari 2 halaman

Ketua Umum PAN Roadshow

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan telah melakukan roadshow mengumpulkan kader PAN di Malang, Lumajang, Kediri, Bojonegoro hingga Surabaya.

Dari pertemuan itu terdapat 13 ribu kader yang telah menyusun kekuatan untuk mengonsolidasikan partai memenangkan pasangan Khofifah-Emil.

Pertemuan ini juga terkait kesiapan saksi yang akan menjaga tiap TPS saat Pilgub Jatim berlangsung. Dia akan menyiapkan kader PAN di tiap TPS dan juga mengupayakan akan ada 2 kader di tiap TPS.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Nasyid dan Kasidah Warnai Pawai Damai Gus Ipul-Puti Soekarno
Artikel Selanjutnya
KPU Sampang Data Pengungsi Syiah untuk Pilkada Jatim