Sukses

Pilkada Jawa Tengah Resmi Diikuti 2 Pasangan Calon

Pilgub Jateng hanya diikuti dua pasangan calon. Ganjar Pranowo-Taj yasin dan Sudirman Said-Ida Fauziah.

Liputan6.com, Semarang - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah menetapkan Pilgub Jateng 2018 diikuti dua pasangan calon, yakni Sudirman Said-Ida Fauziyah dan Ganjar Pranowo-Taj Yasin.

Penetapan digelar dalam Rapat Pleno Terbuka tanpa kehadiran pasangan calon. Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo mengatakan setelah resmi ditetapkan sebagai konstestan Pilgub Jateng 2018, maka kedua pasangan calon memiliki hak, kewajiban, dan larangan yang sama.

"Di antaranya, hak untuk berkampanye, kewajiban mematuhi perundangan kampanye, serta larangan melanggar undang-undang," kata Joko di Kantor KPU Jateng, Senin (12/2).

Masa kampanye akan dimulai tanggal 15 Februari. Namun deklarasi kampanye damai akan dilaksanakan pada 18 Februari. Dalam kampanye damai tersebut, pasangan calon akan dihadirkan di acara car free day dan jalan bersama di kawasan jalur protokol di Kota Semarang.

"Sementara pengambilan nomor urut dilakukan Selasa, 13 Februari pukul 19.00 WIB," kata Joko.

Ia menambahkan pasangan calon diwajibkan datang saat pengambilan nomor urut, tidak seperti tahap penetapan yang boleh diwakilkan. Pengambilan nomor urut juga akan dihadiri Kapolda Jateng yang sekaligus akan menyampaikan komitmen Pilgub Damai.

"Kita semua bertekad menyelenggarakan pilkada yang damai, aman, dan menyenangkan," kata Joko.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Surat Pengunduran Diri Masih Ditunggu

Meski sudah ditetapkan sebagai pasangan calon, saat ini KPU masih menunggu surat pengunduran diri dari Ida Fauziyah selaku anggota DPR RI dan Taj Yasin sebagai anggota DPRD Jawa Tengah. Surat ditunggu hingga tanggal 16 Februari ini.

Dalam acara penetapan pasangan calon tersebut hanya ada empat perwakilan partai yang hadir. Partai Gerindra, PKB, Partai Nasdem dan PPP. Sekretaris DPD Gerindra Jateng Sriyanto Saputro menegaskan bersama partai koalisi PKS, PAN, dan PKB siap mentaati aturan yang ditetapkan KPU.

"Jaga iklim kondusif dan demokrasi yang sehat di Jawa Tengah. Kami siap kerja cerdas memenangkan Sudirman Said-Ida Fauziyah," kata Sriyanto.

Dua pasangan calon berasal dari dua koalisi. Partai Gerindra, PKB, PKS dan PAN mengusung Sudirman Said - Ida Fauziah. Sementara PPP berkoalisi dengan PDIP, Nasdem, dan Demokrat mengusung Ganjar Pranowo-Taj Yasin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini