Sukses

Paslon Independen Pilkada Palembang Didukung Ratusan Ribu Warga

Liputan6.com, Palembang - Satu-satunya pasangan calon (paslon) jalur independen di Pilkada Palembang, Akbar Alfaro-Hernoe Resprijadi, berhasil melengkapi berkas ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palembang.

Paslon yang digemari emak-emak ini bahkan mampu mengantongi dukungan warga hingga ratusan ribuan orang.

“Kemarin paslon independen masih kurang pengumpulan dukungan. Tapi tanggal 20 Januari kemarin, tepatnya sore hari, paslon ini menyerahkan berkas dukungan yang melebihi target kita,” ujar Ketua KPU Palembang, Syarifuddin, kepada Liputan6.com, Senin, 22 Januari 2018.

Akbar-Hernoe akhirnya bisa mendapatkan lebih dari 100.000 dukungan dari warga di Palembang, untuk maju di Pilkada Palembang.

Jumlah tersebut melebihi persyaratan KPU Palembang, yang hanya mematok sebanyak 95.000 pendukung.

Sebelumnya, paslon pencetak sejarah di jalur independen Pilwalkot Palembang ini, hanya mampu mengumpulkan sebanyak 26.711 pendukung. Jumlah tersebut dihitung oleh KPU Palembang pada hari Rabu, 10 Januari 2018.

Syarifuddin mengatakan, keempat paslon yang maju di Pilwalkot Palembang sudah memenuhi semua persyaratan berkas. Semua berkas paslon yang maju di Pilkada Palembang akan melewati proses penyeleksian dan verifikasi administrasi.

 

 

1 dari 3 halaman

Nomor Urut Paslon

Setelah rampung, KPU Palembang akan melaksanakan verifikasi faktual ke lapangan.

“Yang kurang lengkap cuma berkas Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan itu kan diproses oleh Komisi Pemberantas Korupsi (KPK). Jadi untuk semua paslon, tidak ada yang gugur untuk tahap awal ini,” ujarnya.

Setelah melakukan verifikasi faktual ke lapangan, KPU Palembang akan mengumumkan siapa saja paslon yang bisa melenggang ke Pilwalkot Palembang.

Berdasarkan jadwal, tanggal 12 Febuari akan diumumkan paslon yang lolos serangkaian persyaratan, baik persyaratan berkas, tes kesehatan, psikologi dan bebas narkoba.

“Tanggal 13 Febuari nanti, baru kita tetapkan nomor urut mereka secara undi. Sekarang sedang diperiksa dengan cermat, berkas-berkas yang masuk. Belum bisa kita bocorkan dulu,” ujarnya.

Di sela menanti pengumuman oleh KPU Palembang, salah satu calon wali kota (Cawako) Palembang Sarimuda, terus mendapatkan dukungan dari berbagai lapisan masyarakat.

Para ketua Rukun Tetangga (RT) dan perwakilan warga berbondong-bondong memberi dukungan langsung ke Sarimuda setiap hari.

Kediaman Sarimuda di Jalan Demang Lebar Daun Palembang, selalu dipadati oleh para pendukungnya.

 

 

 

2 dari 3 halaman

Harapan Pendukung

Mereka terus meyakinkan agar Sarimuda-Abdul Rozak bisa memenangkan Pilwalkot Palembang.

"Kita siap memenangkan Sarimuda-Rozak. Jangan hanya menang saja, tapi harus dilantik juga sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang,” ungkap Endang salah Ketua RT 13 Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Gandus Palembang.

Para pendukungnya optimis jika Sarimuda-Rozak menjadi pemimpin di Palembang, seluruh warga Palembang bisa mendapatkan pelayanan cepat dan mudah, salah satunya untuk urusan administrasi.

Beberapa harapan warga yang sudah disampaikan ke Sarimuda, yaitu merealisasikan program Sekolah Gratis, yang saat ini hanya digaungkan saja, tanpa ada realisasi.

“Walau ada program Sekolah Gratis, tapi kami tetap harus bayar. Harapan kami, biaya sekolah untuk warga yang kurang mampu benar-benar gratis,” katanya.

Sarimuda mengaku hampir setiap hari kediamannya didatangi RT yang menyatakan dukungan.

Bahkan kedatangan pendukungnya murni untuk memenangkan dirinya dalam Pilwalkot Palembang.

“Ada yang dari Plaju, Kertapati, Gandus. Mereka juga datang kemari tanpa meminta ongkos atau uang. Benar-benar ingin mendukung saya,” ucapnya.

Artikel Selanjutnya
Pilkada Jateng 2018 Terkesan Sunyi, Tren Partisipasi Pemilih Menurun
Artikel Selanjutnya
KPU Sumsel Mulai Cetak Surat Suara Pilkada 2018