Sukses

Didukung 6 Parpol, Pasangan Ahyar-Mori Yakin Menang Pilkada NTB

Liputan6.com, Jakarta Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Ahyar Abduh-Mori Hanafi telah diterima pendaftarannya oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Alhamdulillah, setelah kami meneliti dan memeriksa berkas dan dokumen persyaratan calon, maka pasangan Ahyar Abduh dan Mori Hanafi, kami terima," ujar Ketua KPU NTB Lalu Aksar Anshori, Rabu (10/1/2018).

Aksar mengatakan, berkas persyaratan calon ini diserahkan oleh pasangan calon yang didampingi enam  partai politik pendukung. Yaitu, Partai Gerindra, PAN, PPP, Hanura, PDIP, dan PBB dengan jumlah kursi 32 dari 60 kursi di DPRD NTB atau sekitar 49 persen.

Terkait dukungan enam papol tersebut, Ahyar Abduh mengaku sangat optimistis memenangkan Pilkada NTB 2018. Sebab menurutnya, enam partai pendukung tersebut merupakan salah satu bukti bahwa pasangan keduanya merupakan pasangan calon dengan jumlah kursi terbanyak dibanding calon lainnya.

"Enam partai dengan jumlah kursi terbanyak merupakan ikhtiar bagi pasangan Ahyar-Mori untuk memenangkan Pilgub," kata Ahyar.

1 dari 2 halaman

Zulkiflimansyah dan Sitti Rohmi Daftar Terakhir

Pasangan calon Gubernur NTB, Zulkiflimansyah dan Sitti Rohmi Djalilah yang diusung partai Demokrat dan PKS mendaftar ke KPU NTB di hari terakhir pendaftaran. Meski didukung dua partai, namun pasangan ini tiba di kantor KPU dengan ribuan masa pendukung dari berbagai daerah mengalahkan para pendukung pasangan calon lainnya.

Pantauan Liputan6.com, tak hanya banyak, massa pendukung kedua pasangan ini juga berbeda dengan massa pendukung calon lainnya seperti pasangan Ali-Sakti, Suhaili-Amin, dan Ahyar-Mori.

Pasangan Ali-Sakti yang maju melalui jalur Independen datang ke KPU diringi dengan seni musik khas sasak Gendang Belek. Pasangan Suhaili-Amin juga demikian, para pendukungnya datang mengiringi pendaftaran dengan membawa Gendang Beleq. Begitu juga dengan pasangan Ahyar-Mori.

Sedangkan pasangan Zul-Rohmi, datang mendaftar dengan ribuan masa dan melantunkan ayat suci serta pembacaan shalawat. Melihat banyaknya pendukung yang datang mengiringi, Zulkiflimansyah optimistis memenangkan Pilkada NTB meski hanya didukung dua partai.

"Walaupun partainya sedikit, namun kita lihat sekarang pendukung Zul Rohmi sangat banyak, insyaallah kita ikhtiar memenangkan Pilgub NTB ini," kata Zulkiflimansyah.

Artikel Selanjutnya
KPU Sumsel Tetapkan Jumlah Pemilih 5.791.956
Artikel Selanjutnya
Paling Kompetitif, Selisih Suara Pilkada Jatim Diprediksi Tak Besar