Sukses

Maju Independen, Ichsan dan Andi Mudzakkar Daftar ke KPU Sulsel

Liputan6.com, Makassar - Pasangan bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Ichsan Yasin Limpo dan Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) menjadi pendaftar pertama yang ke KPU Sulsel hari ini, Rabu (10/1/2017).

Adik Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo itu sekaligus menjadi pendaftar ketiga setelah pasangan Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman serta Nurdin Halid dan Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar.

Pantauan Liputan6.com, Rabu pagi, ribuan simpatisan bakal pasangan calon yang memakai slogan 'Punggawa Macakka' itu sudah memadati Jalan AP Pettarani, Kota Makassar. Mereka akan mengantar Pasangan IYL-Cakka untuk mendaftarkan diri dalam kontestasi pemilihan orang nomor satu di Sulsel.

"Ichasan dan Andi Mudzakkar pendaftar pertama hari ini," kata Ketua KPU Sulsel, Iqbal Latief, di Kantor KPU Sulsel, Makassar, Rabu (10/1/2017).

Berbeda dengan pasangan lainnya, pasangan Ichsan Yasin Limpo dan Andi Mudzakkar maju melalui jalur perseorangan. Menurut Iqbal, jumlah surat dukungan perseorangan yang dimiliki pasangan IYL-Cakka sebenarnya masih kurang 3.390 buah dari minimal persyaratan 480.124 buah dukungan.

"Hasil verifikasi kemarin jumlahnya masih kurang dari syarat minimum yang ada," Iqbal mengungkapkan.

Meski kurang, dia memastikan berkas yang dibawa oleh IYL-Cakka telah memenuhi syarat. "Setelah kami memeriksa berkas pendaftaran pasangan Ichsan Yasin Limpo dan Andi Mudzakkar, maka syarat pencalonan dinyatakan sudah memenuhi," ujar Iqbal.

 

2 dari 2 halaman

Teliti Berkas

Untuk selanjutnya, KPU Sulawesi Selatan akan melakukan penelitian terhadap syarat pasangan calon. Iqbal mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Liaison Officer (LO) IYL-Cakka perihal kekurangan jumlah dukungan perseorangan itu.

"Maka tanggal 18 sampai 20 Januari, kita akan melakukan penerimaan dari syarat yang akan diperbaiki," ucap Iqbal.

Pada kesempatan itu pula, dia menyampaikan tahapan selanjutnya. Pada 11 dan 12 Januari KPU Sulsel akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh bakal pasangan calon Gubernur Sulawesi Selatan yang telah mendaftar.

"Pemeriksaan bapaslon hanya bisa dilakukan di Rumah Sakit Wahidin. Karena direkomendasikan untuk Rumah Sakit tipe A," kata Iqbal.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Proses Pendaftaran Khofifah-Emil Sempat Terhenti karena Suara Ini
Artikel Selanjutnya
Penampakan Paranormal di KPU Jatim Jadi Perhatian