Sukses

PKS Sebut Masih 60-70 Persen Usung Sudirman-Ida di Pilkada Jateng

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengaku belum ada pertemuan secara khusus dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk membahas pasangan yang akan diusung dalam Pilkada Jateng 2018.

Namun hingga saat ini, PKS terus berkomunikasi dengan bakal calon gubernur Sudirman Said untuk membahas pasangan yang akan mendampinginya.

"Tadi saya ngomong sama Mas Dirman, 'Mas doain katanya masih finalisasi, tapi kemungkinan 60-70 persen dengan Mbak Ida (Ida Fauziah, kader PKB)," kata Mardani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (9/1/2018).

Mardani menyebut bahwa sosok Ida, meskipun warga asli Jawa Timur, mempunyai kualitas yang mumpuni. Apalagi, secara pribadi Mardani sudah sering saling berinteraksi dengan Ida sebagai anggota Komisi III DPR RI.

"Kami selama ini berinteraksi di DPR cukup panjang dengan Mbak Ida dan beliau berkualitas walaupun orang Jawa Timur," jelas Mardani.

Wakil Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid menyatakan akan mengusung Ida Fauziah sebagai pendamping bakal calon Gubernur Jawa Tengah (Jateng) 2018 Sudirman Said.

"Di Jateng Pak Sudirman Said dan Ibu Ida, nanti akan diumumkan jam 14.00 WIB," kata Jazilul.

1 dari 2 halaman

Komposisi Kursi

Di Provinsi Jawa Tengah, total kursi DPRD Jateng berjumlah 100 kursi. Partai politik baru bisa mengusung calon sendiri di Pilgub Jateng bila memiliki minimal 20 kursi. PDIP menjadi pemilik kursi terbanyak dengan jumlah 31 kursi. Artinya, PDIP sudah melewati syarat minimal jumlah perolehan kursi di DPRD untuk mengusung calon sendiri.

PKB menjadi partai kedua dengan perolehan kursi terbanyak di DPRD, 13 kursi. Gerindra mempunyai 11 kursi di DPRD. PKS dan Golkar punya masing-masing 10 kursi. Demokrat memiliki total 9 kursi, sedangkan PAN dan PPP punya 8 kursi di DPRD Jateng.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Ganjar-Yasin dan Sudirman-Ida Adu Argumen di Debat Pilkada Jateng
Artikel Selanjutnya
Sudirman Said: Masyarakat Jateng Sudah Dewasa Sikapi Kampanye Hitam