Sukses

Dukung Calon Independen di Sulsel, SBY Sebut Demokrat Konsisten

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memilih pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar sebagai calon Gubernur dan wakil Gubernur Sulawesi Selatan pada Pilkada 2018. Pasangan ini maju di jalur independen.

"Ada proses yang unik, dalam prosesnya, ada perubahan, Partai Demokrat sudah mantap, konsisten, meskipun calon yang kami dukung maju di jalur independen, Partai Demokrat tetap memberi dukungan. Ichsan Yasin Limpo dan wagubnya Mudzakkar," ucap SBY di kantor DPP Demokrat, Jakarta, Minggu (7/1/2018).

Dia menegaskan, bahwa ini menandakan Partai Demokrat itu konsisten. Karena, awalnya Demokrat ingin berkoalisi mengusung Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar dengan PPP, namun dibatalkan.

"Koalisinya Partai Demokrat dan PPP. Maaf, tadinya seperti itu, PPP tidak jadi mengusung Beliau, maju sebagai independen. Kami konsisten mendukung sang calon independen itu," tegas SBY.

Sementara itu, untuk Sulawesi Tenggara, Demokrat mengusung pasangan Rusda Mahmud-Laode M. Sjafei Kahar untuk maju. Adapun ini didukung 2 partai lain.

"Koalisinya Partai Demokrat, PPP dan PKB," tutur SBY.

Untuk Kalimantan Barat, SBY memasangkan Karolin Margaret Natasa dan Suryadman Gidot. Adapun partai berlambang bintang mercy itu sepakat berkoalisi dengan Gerindra, PDIP, dan PKPI.

"Calon yang kami usung adalah Karolin Margaret Natasa. Dan wakilnya Suryadman Gidot. Kami sepakat dengan PDI Perjuangan Untuk melanjutkan pasangan Gubernur dan Wakil Gubenur. Yang incumbent sekarang ini PDIP dan Demokrat," tegas SBY.

Presiden keenam RI ini juga mengumumkan pasangan yang maju di Kalimantan Timur. Dia pun menyebut ini dinamis.

"Mudah-mudahan demokrasi kita makin dewasa, semakin berkualitas, dan mengedepankan fairness. Kalimantan Timur ini, kami tetap mengusung Syaharie Ja’ang. Calon Wakil Gubernurnya adalah Awang Ferdian Hidayat sekarang anggota DPR RI. Koalisinya Partai Demokrat, PPP, PKB, dan NasDem," ujar SBY.

1 dari 2 halaman

Benny dan Benny

Partai Demokrat juga memilih Benediktus Kabur Harman maju sebagai calon Gubernur NTT. Sedangkan calon Wakil Gubernurn adalah Benny Alexander Litelnoni untuk Pilkada 2018. SBY sempat menyinggung soal pencalonan pria yang akrab disapa Benny K. Harman itu.

"Benediktus Kabur Harman, kader senior Partai Demokrat, anggota DPR RI. Ini untuk kedua kali atau ketiga kali? Oh iya ketiga kalinya. Untuk wakil Gubernurnya adalah Benny Alexander Litelnoni. Jadi istilahnya Benny-Benny," ucap SBY di kantor DPP Demokrat, Jakarta, Minggu (7/1/2018).

Dia pun menegaskan, pasangan ini direstui juga oleh PKPI dan PKS untuk maju. Artinya Demokrat berkoalisi dengan kedua partai tersebut.

Sementara untuk NTB, dia menyebut partainya mendapuk Zulkieflimansyah sebagai bakal calon gubernurnya. Berdampingan dengan Sitti Rohmi Djalilah.

"Koalisinya partai Demokrat dan PKS," ungkap SBY.

Sementara itu, untuk Bali, Demokrat bersama-sama partai lain, mengusung Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra sebagai calon Gubernurnya, didampingi Wakil Gubernur Bali saat ini I Ketut Sudikerta.

"Koalisinya Partai Demokrat, NasDem, Golkar dan PKS," tandas SBY.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

 

 

Artikel Selanjutnya
Akan Ada Pemimpin Baru, SBY Kuatkan Sinyal Pembentukan Poros Ketiga?
Artikel Selanjutnya
PKS Tak Rela Jika Anies Baswedan Jadi Cawapres Prabowo Subianto