Sukses

Pesan Jusuf Kalla untuk Pemenang Pilkada DKI 2017 Putaran Dua

Jusuf Kalla mengingatkan, banyak masalah di ibu kota yang harus segera diselesaikan oleh pemenang Pilkada DKI 2017 putaran kedua.

Liputan6.com, Jakarta - Wapres Jusuf Kalla menggunakan hak pilihnya di TPS 03, Kelurahan Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. JK, sapaan akrabnya, datang ke TPS ditemani sang istri, Mufidah Jusuf Kalla, dan cucunya.

Usai mencoblos, Jusuf Kalla dan istri sempat bersantai minum teh dan mencicipi kue yang disediakan di TPS tersebut, sambil menunggu keluarga lainnya.

Dalam kesempatan itu, JK mengatakan, situasi Jakarta pada Pilkada DKI putaran kedua ini terpantau aman dan terkendali. Dia juga yakin, pemilu kali ini berlangsung jujur tanpa kecurangan.

"Saya yakin aman semua, kedua yakin semuanya jujur, adil, dan terbuka," kata JK di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (19/4/2017).

JK enggan berandai-andai mengenai siapa yang bakal menang di Pilkada DKI kali ini. Namun siapapun yang menang nanti, ia yakini sebagai pilihan terbaik rakyat.

"Pilkada tergantung pilihan masyarakat yang terbanyak, kita tunggu saja," kata dia.

Jusuf Kalla berpesan bagi pemenang Pilkada DKI 2017, bisa memimpin seluruh warga Jakarta, tanpa membeda-bedakan lagi antara pendukung dengan yang tidak. "Siapa pun yang menang harus menghargai Jakarta, harus menghargai satu sama lain," ujar Wapres.

JK juga mengingatkan bagi pemenang pilkada bahwa banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan untuk membenahi ibu kota, menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di Jakarta, serta menyejahterakan warga DKI.

"Tentu banyak ya (yang harus diperbaiki), mengatasi banjir dan kemacetan. Kedua membangun ekonomi Jakarta supaya lapangan kerja lebih terbuka," tutup Wapres.

Pilkada DKI Jakarta 2017 Putaran Kedua diikuti pasangan Ahok-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Berdasarkan perhitungan KPU DKI, dua pasangan ini lolos ke putaran kedua Pilkada DKI. Ahok-Djarot meraih 42,99 persen suara, sementara Anies-Sandiaga memperoleh 39,95 persen suara.

KPU DKI akan bekerja hingga 1 Mei 2017 untuk menyelesaikan rekapitulasi suara. Pada 5 atau 6 Mei 2017, KPU DKI menetapkan pemenang Pilkada DKI 2017.

 

*Ikuti Quick Count Pilkada DKI Jakarta dari tiga lembaga survei di Liputan6.com pada Rabu 19 April 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.