Sukses

Anies: Saya Tak Menantang, Tapi Berikhtiar Gantikan Gubernur DKI

Anies mengaku tidak berniat menantang Ahok di Pilkada DKI 2017 putaran dua, tetapi menggantikan sang petahana.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan niatnya mengikuti Pilkada DKI Jakarta 2017 bukan untuk menantang Calon Gubernur Petahana, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Dia dan Sandiaga mengaku berikhtiar untuk menggantikan pasangan calon petahana tersebut.

"Kami bukan menantang gubernur petahana. Kami berikhtiar mengganti petahana. Beda, kalau menantang sekadar menantang. Kalau mengganti itu berikhtiar," ujar Anies di hadapan peserta Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Depok, Jawa Barat, Senin, 6 Maret 2017.

Di tengah pidatonya pada acara tersebut, Anies Baswedan juga sempat berseloroh mengenai pemilihan lokasi Rakornas PKS yang berlangsung di Depok. Hal ini menanggapi pernyataan Wali Kota Depok Mohammad Idris yang mengatakan bahwa PKS sering mengadakan acara di wilayahnya ini.

"Tadi saya dengar Wali Kota Depok mengatakan bahwa ini (PKS) sering membuat acara PKS di Depok. Saya rasa untuk Rakornas ini (PKS) tidak boleh di Jakarta. Karena kalau (rakornas PKS) di Jakarta harus mengundang gubernur petahana. Urusannya agak panjang nanti," ucap Anies dan langsung mendapat tepuk tangan serta gelak tawa dari para peserta rakornas PKS.

Dalam Rakornas PKS yang dihadiri Anies Baswedan ini, hadir juga Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, selaku undangan dan tuan rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Anies Baswedan dan Sandiaga Uno merupakan bakal calon pasangan Kepala Daerah DKI Jakarta nomor urut 1
    Anies Baswedan dan Sandiaga Uno merupakan bakal calon pasangan Kepala Daerah DKI Jakarta nomor urut 1

    Anies Sandiaga

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • PKS