Sukses

Solusi Anies Baswedan Atasi Banjir Jakarta

Menurut Anies Baswedan, salah satu solusi banjir yakni menambah jumlah situ untuk menampung air, bisa juga dengan menambah vertical drainage

Liputan6.com, Jakarta - Calon gubernur (cagub) DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki solusi terkait banjir di Jakarta. Seperti diketahui daerah Bukit Duri, Jakarta Selatan kembali tergenang banjir pada Kamis, 16 Februari 2017.

Menurut mantan Mendikbud itu, solusi di setiap lokasi genangan banjir Jakarta berbeda. "Tiap lokasi genangan banjir beda-beda, sehingga solusinya pun berbeda," ujar dia dalam keterangan tertulisnya kepada Liputan6.com, Jakarta, Jumat 17 Februari 2017.

Meski demikian, Anies akan mengedepankan pendekatan ilmiah berbasis konservasi yang ramah lingkungan.

"Jadi kami mempercayai pendekatan ilmiah berbasis konservasi untuk menyelesaikan masalah banjir di Jakarta," kata Anies Baswedan.

Solusi itu di antaranya adalah menambah jumlah situ untuk menampung air, termasuk menambah vertical drainage dengan menambah sumur-sumur resapan.

"Kita akan lihat dulu mana solusi yang tepat untuk banjir di daerah tersebut," tutur dia.

Menanggapi banjir Bukit Duri yang merupakan banjir kiriman dari hulu (Bogor), Anies sebenarnya sudah pernah mengingatkan gubernur petahana dalam debat di televisi swasta, bahwa masih banyak masalah banjir yang harus dibereskan di daerah hulu.

"Saat itu Pak Basuki menyampaikan banjir hulu tidak masalah lagi. Padahal, saya sampaikan kita harus bereskan wilayah hulu karena sudah banyak beralih fungsi menjadi perkebunan teh dan permukiman," papar dia.

Air yang tak tertampung di daerah resapan itulah, Anies Baswedan menambahkan, yang akhirnya meluncur langsung ke Jakarta dan menyebabkan banjir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini