Sukses

Kapolda Metro: Pencoblosan Pilkada DKI 2017 Lancar, Jakarta Aman

Iriawan mengatakan, sejauh ini proses perhitungan suara Pilkada DKI 2017 masih bersifat sementara dan baru resmi nanti di KPUD DKI.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan mengatakan, pelaksanaan pemungutan hingga penghitungan suara sementara Pilkada DKI 2017 berlangsung aman dan kondusif. Hal itu disampaikan setelah Iriawan memantau langsung di lapangan.

"Alhamdulillah pencoblosan surat suara berjalan lancar. Kemudian setelah itu kita memonitor penghitungan suara sampai jam 15.00 WIB selesai," ujar Iriawan di Mapolda Metro Jaya, Rabu (15/2/2017).

Iriawan bersama Pangdam Jaya Mayjen Teddy Lhaksmana sempat memantau situasi Jakarta melalui darat dan udara selama pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara sementara Pilkada DKI 2017.

"Dan situasi berjalan normal, lancar. Artinya kegiatan masyarakat berjalan seperti biasa. Sampai sore ini situasi Jakarta Raya dan sekitarnya dalam keadaan aman dan kondusif," imbuh dia.

Mantan Kapolda Jawa Barat ini menuturkan, surat suara Pilkada DKI 2017 di berbagai TPS di seluruh Jakarta sudah mulai digeser ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sejak pukul 18.10 WIB. Proses perpindahan ini mendapatkan pengawalan dari petugas gabungan Polri-TNI.

Iriawan mengatakan, sejauh ini proses perhitungan suara masih bersifat sementara dan baru resmi nanti di KPUD DKI. Pihaknya pun mengimbau agar masyarakat bersabar dan tetap menjaga keamanan dan ketertiban hingga pengumuman resmi dari KPUD DKI.

"Tentunya Penghitungan suara masih berlangsung, namun demikian beberapa media sudah menyampaikan beberapa hasil yang ada (quick count). Kami mengimbau bahwa perhitungan suara yang resmi dilakukan oleh KPU," kata Iriawan.  

"Oleh sebab itu, kita tunggu perhitungan suara (Pilkada DKI 2017) yang resmi dari KPU nanti," sambung dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini