Sukses

3 Daerah Jadi Perhatian Khusus Mendagri Saat Pencoblosan Pilkada

Mendagri mengatakan hingga saat ini pelaksanaan pilkada di seluruh Indonesia aman.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memantau jalannya pilkada di 101 daerah di Indonesia langsung dari kantornya. Sejauh ini, ia mengklaim, pelaksanaan pilkada berjalan lancar dan aman.

Hanya saja, Tjahjo mengaku ada beberapa daerah yang menjadi perhatiannya dan dilakukan pengawasan secara khusus. Tiga daerah itu adalah Pati, Buton, dan Dogiyai.

"Kalau di Pati, Jawa Tengah itu, di sana hanya pasangan calon tunggal, tapi pendukung kolom kosong ini luar biasa sekali. Ini yang menarik,"‎ kata Tjahjo usai menggunakan hak pilih di TPS 01 Widya Chandra, Jakarta, Rabu (15/2/2017).

Untuk Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, hal yang menarik, kata Tjahjo, adalah pasangan calon tunggal. Tapi bupatinya saat ini menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sementara itu di Kabupaten Dogiyai, salah satu pasangan calon mendadak dibatalkan oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). "Ini yang kemarin ada demo di KPU dan aksi protes sebagainya," tegas Tjahjo.

Terlepas dari beberapa persoalan itu, Tjahjo mengatakan, sampai saat ini pelaksanaan pilkada berjalan aman. Hal itu dibuktikan dengan tidak adanya laporan tindak kecurangan atau politik uang hingga saat ini.

Meski demikian, Tjahjo mengakui beberapa waktu lalu ada indikasi politik uang. Untuk itu ia meminta kepada Panwaslu menindak para pelaku yang terlibat diproses secara hukum.‎

* Saksikan quick count Pilkada DKI Jakarta 2017 pada 15 Februari 2017

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.