Sukses

KPUD Jakarta: Persiapan Pilkada DKI Hampir 100 Persen

KPUD Jakarta logistik akan sampai di tingkat kelurahan sehari sebelum pencoblosan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan Gubernur DKI Jakarta akan dilaksanakan pada 15 Februari 2017. Dengan waktu yang tak sedikit ini, KPU sebagai instansi yang menyelenggarakan Pilkada ini mengungkapkan bahwa hingga saat ini persiapan menjelang pemilihan sudah hampir rampung, termasuk logistik, atribut dan panitia.

"Hampir 100% sudah ada di kecamatan. Untuk logistik dan panitia ad hoc sudah kami rekrutmen semua. Untuk logistik juga sudah kami kumpulkan, seluruh atribut sudah terkumpul di tingkat kecamatan. Besok tiga hari sebelum hari pemilihan sudah di kelurahan. Satu hari sebelum hari H sudah di TPS masing-masing," kata Komisioner KPU DKI Jakarta Dahlia Umar saat ditemui di Gedung Joeang 45, Sabtu (11/2/2017).

Dengan banyaknya jumlah kelurahan, kecamatan, dan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Jakarta, Dahlia menuturkan bahwa pihaknya dibebani oleh pendistibusian logistik.

"(Logistik) Mulai didistribusikan di kelurahan. Jadi memang bertahap kita itu jumlah kecamatannya 44, jumlah kelurahan 267, tapi jumlah TPS 13.023. Jadi beban kerja memang ada di kecamatan dan kelurahan. Itu yang harus diperhatikan," dia memaparkan.

Untuk perhitungan surat suara, Dahlia membeberkan nantinya akan menghitung mulai dari tingkat kelurahan lalu kecamatan.

"Karena mekanismenya tentu dari basis kelurahan dan itu membutuhkan waktu antara tanggal 16 hingga 22 Februari 2017, di metodenya mungkin akan dibagi kelas-kelas perhitungan untuk menghasilkan rekapitulasi akhir di tingkat kecamatan itu baik," ujar Dahlia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini