Sukses

Anies: KPUD Harus Siapkan Langkah Cegah E-KTP Ganda

Anies meminta KPUD DKI harus segera menindak tegas dugaan adanya e-KTP yang digandakan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar kabar terkait adanya E-KTP ganda dengan nama, foto, dan identitas berbeda namun memiliki foto yang sama menjelang pemungutan suara Pilkada DKI 2017.

Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun ikut menanggapi isu tersebut. Menurut dia, harus segera ada penindakan tegas dari pemerintah khususnya KPUD DKI.

"Kami sangat khawatir soal ini dan saya sudah bicara ini sejak seminggu lalu. Banyak yang komentar kenapa Pak Anies bicara kecurangan, karena kami sudah lihat waktu itu, dua minggu lalu kami sudah lihat datanya, sekarang baru terbuka ke umum," ujar Anies di Penjaringan, Jakarta, Senin (6/1/2017).

"Kami sangat khawatir dengan potensi kecurangan, kami tidak tahu siapa pelakunya, siapa yang merencanakannya, dan saya minta kepada Pemda DKI untuk membereskan ini sesegara mungkin. KPUD, KPU untuk sesegara mungkin menyiapkan langkah-langkah pencegahan," sambung Anies.

Anies pun mengungkapkan jika timnya juga melakukan pengawasan terkait masalah tersebut. Selain itu, pihaknya juga mengundang warga untuk berperan serta mengawasi itu dengan cara bergantian di TPS.

"Jangan sampai kosong, kalau ada orang tidak dikenal ditanya dari mana, kalau mencurigakan dilaporkan, sehingga kita terhindar dari segala macam manipulasi," ujar Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini