Sukses

Djarot: Sylviana Acung Jempol ke Bawah untuk Dirinya Sendiri

Perdebatan panas terjadi saat Sylvi melancarkan kritik terhadap calon Gubernur DKI nomor urut 2, Ahok.

Liputan6.com, Jakarta - Perdebatan sengit terjadi semalam dalam debat putaran kedua cagub-cawagub DKI Jakarta. Sylviana Murni, cawagub yang berpasangan dengan cagub Agus Yudhoyono, sempat mengacungkan jempol ke bawah saat perdebatan terjadi dengan pasangan Ahok-Djarot. Lantas, apa respons Djarot?

"Jadi dia (Sylvi) itu menunjuk dirinya sendiri bahwa dia itu begini (jempol ke bawah), he-he-he..." ujar Djarot di kawasan Menteng, Sabtu (28/1/2017).

Perdebatan panas terjadi saat Sylvi melancarkan kritik terhadap calon Gubernur DKI nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Dia menyebut Ahok bekerja sendiri tanpa percaya dengan anak buahnya.

"Saat ini ada ketidakharmonisan antara eksekutif dengan DPRD, terutama terkait dengan pembahasan anggaran karena gubernur saat ini one man show," ujar Sylvi dalam debat Cagub DKI 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat malam kemarin.

Ahok pun menanggapinya dengan menyebut Sylviana kurang memahami penyusunan anggaran berbasis kinerja. Anggaran berbasis kinerja, menurut Ahok, adalah uang yang ada mengikuti fungsi.

Konsep penyusunan anggaran berbasis kinerja yang dimaksud Ahok adalah menentukan kegiatan mana saja yang harus diprioritaskan dan mendapat alokasi anggaran yang besar.

"Birokrat lama memang banyak yang tidak memahami hal ini. Padahal ini sudah digunakan sejak 2001 dan 2006 digunakan nasional. Terlihat sekali Bu Sylvi tidak paham dengan Undang-Undang Keuangan Berbasis Kinerja," ujar Ahok.

Mendengar pernyataan Ahok itu, Sylviana tersenyum dan mengacungkan jempolnya ke bawah. Pengunjung debat cagub DKI 2017 putaran kedua pun riuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.