Sukses

Agus: Warga Mau Bergeser Sedikit, Bukan Digusur

Liputan6.com, Jakarta - Penggusuran rumah warga yang berada di bantaran sungai menjadi tema pada debat cagub DKI Jakarta 2017 putaran kedua. Pasangan calon nomor urut 1 Agus-Sylvi menegaskan jika terpilih memimpin, mereka tidak akan menggusur warga, karena sebenarnya mereka rela untuk bergeser.

"Kami berbicara dengan warga Jakarta mereka sebenarnya mau untuk bergeser sedikit, tapi kami bukan menggusur," ujar Agus dalam Debat Cagub DKI 2017 putaran kedua di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2017) malam.

Karena itu, ia menegaskan, pihaknya dalam menata dan membangun Jakarta tidak akan menggusur. Sebab, komitmen Agus-Sylvi dalam membangun Ibu Kota dengan meremajakan kampung di tempat yang sama.

"Jadi kita tidak mencabut warga di habitat aslinya, karena dengan begitu semakin meningkatkan kemiskinan di Jakarta," ucap dia.

Agus menjelaskan, pihaknya akan mengalokasikan lahan yang ada. Salah satunya adalah dengan membangun infrastruktur yang sifatnya vertikal dan bukan horizontal.

"Mereka akan tetap memiliki rumah, bukan rusunawa tapi rusunami. Jadi kami akan diintegrasikan dengan rumah rakyat," ungkap dia.

Debat cagub DKI Jakarta 2017 malam ini mengangkat tema reformasi birokrasi, pelayanan publik, serta pengelolaan tata kota. Debat dipandu dua moderator, yaitu Tina Talisa dan Eko Prasojo.

Sama seperti sebelumnya, Debat Cagub DKI 2017 putaran kedua ini juga disiarkan langsung seluruh stasiun televisi swasta nasional. Sementara, debat putaran ketiga atau yang terakhir akan digelar pada 10 Februari 2017.