Sukses

Mengapa Ira Koesno Tak Jadi Moderator Debat Kedua Cagub DKI?

KPU DKI memilih Tina Talisa dan Eko Prasodjo sebagai moderator debat kedua cagub DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Presenter cantik Ira Koesno tak lagi menjadi pemandu debat kedua cagub DKI Jakarta. Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta memilih presenter Tina Talisa dan Eko Prasodjo sebagai moderator debat.

Mengapa KPU DKI tak memilih Ira Koesno lagi?

Menurut Komisioner KPU DKI Jakarta Dahlia Umar, sejak awal pihaknya memang ingin berganti-ganti moderator dalam setiap debat. Termasuk debat kedua dan ketiga nanti.

"Supaya ada variasi. Karena tidak selalu debatnya sama, kemudian tiap tema kita pilih moderator yang tepat," ujar Dahlia kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Jika ada sesuatu yang baru saat debat, kata dia, maka debat cagub DKI Jakarta akan menarik masyarakat untuk menonton.

"Kami berharap ada daya tarik khusus untuk memunculkan moderator yang beda-beda tiap debat. Jadi daya tarik tetap terjaga," ucap Dahlia.

Pemilihan moderator debat, kata Dahlia, ditentukan sendiri oleh KPU DKI dengan mempertimbangkan masukan dari berbagai pihak.

"KPU meminta masukan dari berbagai pihak karena moderator harus independen, tidak memihak salah satu pasangan dan berafiliasi pada politik tertentu," ujar Dahlia.

Debat kedua cagub DKI akan berlangsung Jumat, 27 Januari 2017. Terkait tempat pelaksanaan debat, hingga saat ini belum diketahui. Sebelumnya, debat pertama cagub DKI berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini