Sukses

Ahok Akan Hibahkan Rp 1 Triliun ke Bodetabek untuk Atasi Banjir

Ahok menuturkan, Pemprov DKI Jakarta sudah mengeruk 13 sungai yang ada di wilayah Ibu Kota, sekaligus merelokasi penduduk.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan memberikan hibah kepada sejumlah kota mitra, yakni Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek) sebanyak Rp 1 triliun setiap tahun.

"Setiap tahun, kami akan berikan hibah sebesar Rp 1 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta kepada kota-kota mitra kami," kata Ahok di Balai Rakyat atau Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (29/11/2016).

Menurut Ahok, hibah tersebut akan diperuntukkan terutama untuk membangun kerja sama dalam mengatasi permasalahan banjir di Kota Jakarta.

"Saya rasa rencana itu cukup relevan, mengingat Tangerang dan Bogor adalah daerah dataran tinggi. Sedangkan 13 sungai yang melintasi Jakarta airnya bersumber dari kedua kabupaten tersebut," ujar Ahok seperti dikutip dari Antara.

Sejauh ini, calon gubernur DKI Jakarta bernomor urut 2 itu menuturkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah mengeruk 13 sungai yang ada di wilayah ibu kota, sekaligus merelokasi penduduk yang tinggal di bantaran sungai ke rumah susun (rusun).

"Selain mengeruk sungai, Pemprov DKI juga mengeruk dan membenahi waduk-waduk yang ada di Jakarta, serta memperbaiki pompa air untuk mengantisipasi bencana banjir," Ahok menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

Video Terkini