Sukses

Jika Pilkada DKI Hari Ini, Siapa Juaranya Versi Survei Indikator?

Liputan6.com, Jakarta Lembaga survei Indikator merilis hasil surveinya terkait pemenang Pilkada DKI Jakarta. Pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni disebutkan sebagai pemenang pilkada jika pencoblosan digelar hari ini. Pasangan bernomor urut nomor 1 ini memperoleh 30,4 persen.

"Kemudian Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok-Djarot Syaiful Hidayat 26,2 persen, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno 24,5 persen. Yang belum menentukan pilihan sekitar 18,9 persen," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (24/11/2016).

Berbagai faktor mempengaruhi penurunan elektabilitas Ahok-Djarot. Salah satunya, menurut Burhan, pascapenetapan Ahok sebagai tersangka.

"Dalam simulasi terbuka, suara Ahok turun 18,6 persen. Hal ini berkaitan dengan adanya kasus dugaan penistaan agama dan penetapannya sebagai tersangka. Juga Ahok dianggap sikapnya kurang ramah dan kurang santun," tutur Burhan.

Dalam surveinya, lanjut Burhan, penyebab naiknya Agus lantaran dianggap sebagai pilihan alternatif dan baru dan dinilai pantas memimpin Jakarta. Agus juga dianggap sebagai calon gubernur yang pintar, berwawasan luas, tegas, berwibawa.

"Sementara Anies-Sandiaga teratas dalam citra ramah dan santun," ucap Burhan.

Survei dilakukan sejak 15 hingga 22 November 2016, tepatnya usai Ahok ditetapkan sebagai tersangka. Survei dilakukan di seluruh wilayah DKI Jakarta dengan tingkat ekonomi beragam.

"Kami melibatkan 798 responden dari 800 responden yang direncanakan dengan metode multistage random of sampling. Survei ini memiliki toleransi kesalahan multistage of error sebesar 3,6 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen," terang Burhan.

  • Anies Baswedan dan Sandiaga Uno merupakan bakal calon pasangan Kepala Daerah DKI Jakarta nomor urut 1
    Anies Baswedan dan Sandiaga Uno merupakan bakal calon pasangan Kepala Daerah DKI Jakarta nomor urut 1
    Anies Sandiaga
  • Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat adalah pasangan calon nomor urut dua Pilkada DKI Jakarta 2017
    Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat adalah pasangan calon nomor urut dua Pilkada DKI Jakarta 2017
    Ahok Djarot
  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017
  • Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni adalah pasangan calon nomor urut satu untuk Pilkada DKI Jakarta 2017
    Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni adalah pasangan calon nomor urut satu untuk Pilkada DKI Jakarta 2017
    Agus Sylviana