Sukses

6 Psikolog Uji Cagub dan Cawagub DKI

Tes psikologi para cagub didampingi langsung oleh Ketua Umum Himpsi Imam Mustopo.

Liputan6.com, Jakarta Para bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta tengah menjalani tes psikologi di Rumah Sakit Angkata Laut (RSAL) Mintohardjo, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat pagi ini.

Kepala RSAL Mintohardjo Kolonel Wiweka mengatakan, ada enam psikolog dari Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) ditugaskan memeriksa kondisi kejiwaan tiga pasang bakal cagub dan cawagub DKI.

"Ada enam psikolog dari Himpsi yang memeriksa calon. Mereka juga yang mendampingi saat tes tertulis dan mewawancarai," ujar Wiweka di RSAL, Minggu (25/9/2016).

Wiweka mengatakan, tes psikologi para cagub didampingi langsung oleh Ketua Umum Himpsi Imam Mustopo.

Pemeriksaan dan tes yang dijalani hari ini merupakan rangkaian pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani. Pemeriksaan psikologi ini dilakukan oleh RSAL dan bekerjasama Himpsi.

Menurut Anggota KPU DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos, Himpsi memiliki metode khusus untuk memeriksa psikis para bakal calon gubernur dan wakil gubernur ini.

"Nanti mereka akan memberikan laporan kepada kami bahwa yang bersangkutan sudah diperiksa secara baik nanti akan kami tunggu hasil tesnya saja," ujar Betty.

Selain tes klasika atau tes tulis dan wawancara ada satu tes lagi yang masih dalam rangkaian tes psikologi yakni diskusi kelompok.

"Tes psikologi ini jadi keputusan bersama yang dikoordinasikan rumah sakit untuk mengetes kesehatan jasmani rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika," kata dia.

"Besok mereka (Himpsi dan RS) pleno untuk menyimpulkan dan menganalisis, kami (KPU) akan mendapatkan jawabannya sekitar tanggal 27-28 September," pungkas Betty.

Tiga pasang calon gubernur dan wakil gubernur yang akan memeriahkan kontestasi di Pilkada DKI adalah pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, serta Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni.

Usai melaksanakan psikotes, 3 pasang cagub dan cawagub langsung menuju ke Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk tes urine, darah, dan rambut.

Pantauan Liputan6.com, hingga pukul 11.54, para cagub dan cawagub belum keluar dari ruangan tes psikologi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.