Sukses

Rizal Ramli Minta Jokowi Netral di Pilkada DKI

Rizal menilai, legitimasi Jokowi akan runtuh jika terlihat memihak kepada salah satu pihak.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli meminta Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak 'cawe-cawe' atau ikut campur di Pilkada DKI Jakarta 2017. Jokowi disarankan bersikap sebagai negarawan dan bersikap netral.

"Saya sebagai sahabat serta kawan minta Pak Jokowi bersikap seperti negarawan dan netral kepada semua‎ kandidat. Karena siapapun gubernur di Jakarta akan loyal kepada Presiden," kata Rizal di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu 17 September 2016.

Rizal menilai, legitimasi Jokowi akan runtuh jika terlihat memihak kepada salah satu pihak, termasuk petahana. Popularitas Jokowi akan ikut jatuh jika memihak petahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Ia berujar, belum lama ini beredar kabar burung barter politik antara PDIP dan Presiden Jokowi. Jokowi bersedia mengangkat Komjen Polisi Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) asalkan PDIP mendukung Basuki di Pilkada DKI 2017.

"Kalau Presiden Jokowi terlalu banyak cawe-cawe membela Ahok menimbulkan pertanyaan ada apa, apa koneksinya. Ini memberikan down spiral‎ menggerek popularitas Jokowi ke bawah," ujar Rizal.

Pilkada DKI 2017, menurut Rizal, akan asyik dan kompetitif jika Presiden Jokowi memilih bersikap netral dan menempatkan diri sebagai negarawan. Ia mengakui popularitas Jokowi masih tinggi sementara petahana terus merosot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Rizal Ramli kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia
    Rizal Ramli kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia

    Rizal Ramli

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017