Sukses

Mendagri Sebut Pilkada DKI Jakarta Berjalan Sesuai Rencana

Pilkada DKI Jakarta yang akan dihelat pada 15 Februari 2017 mendatang, disebut Mendagri Tjahjo Kumolo berjalan sesuai rencana.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, persiapan menuju pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada 15 Februari 2017 mendatang, berjalan dengan lancar. Menurut dia, hingga saat ini semua tahapan sudah berjalan sesuai dengan rencana.

"Saya kira dari laporan KPU dan Bawaslu untuk tahapan-tahapan Pilkada sudah baik," tutur Tjahjo saat mengikuti jalan santai Bawaslu di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (14/8/2016).

Tjahjo menjelaskan, salah satu bentuk ketatnya prosedur pelaksanaan adalah tidak ada tenggat waktu tambahan dalam pendaftaran calon peserta Pilkada. "Contohnya mengenai calon perseorangan sudah sesuai dengan jadwal, tepat waktu. Dari 8 calon yang mengajukan calon perseorangan, sudah diklarifikasi semuanya batal tidak memenuhi persyaratan," terang dia.

Tjahjo pun optimistis, penyelenggaraan Pilkada akan berjalan sesuai rencana. Untuk saat ini tahapannya adalah KPU menunggu pendaftaran calon gubernur oleh partai politik.

Dinamika politik yang mulai memanas menjelang Pilkada 2017, lanjut dia, tidak akan mudah menganggu prosedur dan tahapan yang ada. KPU dan Bawaslu tetap tegas dalam bersikap dan berupaya agar Pilkada nanti berjalan sesuai jadwalnya.

"Saya yakin setiap partai baik yang sudah deklarasi maupun belum, pada hari H pasti akan mengusung calonnya. Pemanasan yang ada di Jakarta tidak akan mengganggu tahapan-tahapan, karena KPU dan Bawaslu tegas. Sesuai aturan sesuai mekanisme," pungkas Tjahjo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini