Sukses

Lantik 3 Kepala Daerah, Sultan HB X Amanatkan Potensi Daerah

Masing-masing kabupaten dinilai memiliki kekayaan alam yang langka.

Liputan6.com, Yogyakarta - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan HB X melantik 3 pasangan bupati dan wakil bupati terpilih dalam Pilkada Serentak 2015. Pelantikan itu dilaksanakan di Bangsal Kepatihan kompleks Gubernur DIY pukul 10.15 WIB yang dihadiri ratusan tamu undangan.

3 Pasangan yang dilantik itu adalah pasangan Bupati dan Wabup Bantul Suharsono dan Abdul Halim Muslih, pasangan Bupati dan Wabup Gunungkidul Badingah dan Immawan Wahyudi, serta pasangan Bupati-Wabup Sleman Sri Purnomo dan Sri Muslimatun.

"Saya Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dengan ini resmi melantik bupati dan wakil bupati Kabupaten Sleman, Gunungkidul dan Bantul," kata Sultan, Rabu (17/2/2016).


Dalam sambutannya, Sultan HB X berpesan agar para kepala daerah yang dilantik dapat memaksimalkan kekayaan alam untuk pembangunan. Ia meyakini para kepala daerah dapat mengemban tugas dengan baik sesuai tanggung jawabnya.

"Sesungguhnya 3 kabupaten ini memiliki kekayaan alam yang langka. Sleman dengan Merapinya. Gunungkidul tersembunyi sejuta pesona alam, dan Bantul memiliki kekayaan Pantai Parangtritis dengan gumuk pasir barchan di Parangkusumo," kata Sultan.

Sultan juga meminta kepada Kabupaten Gunungkidul dan Bantul untuk dapat menggali potensi pesisir dan kelautan. Ia berharap hal itu dapat meningkatkan budaya cinta laut, khususnya dagang layar sebagai budaya kerja dinamis bagi pemerintah kabupaten dan masyarakat.

"Dengan pesan itu, bupati dan wakil bupati cerdik mengatur skala prioritas sehingga program-program yang dijanjikan pada arena kampanye dapat dirasakan masyarakat," ujar Sultan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini