Sukses

Pesan Jokowi untuk 7 Gubernur: Kerja Siang Malam dan Blusukan

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi meminta agar 7 gubernur yang dilantik hari ini bekerja tanpa kenal lelah bagi rakyat yang sudah memilihnya. Tidak hanya itu, para kepala daerah itu juga diminta untuk blusukan ke lapangan, melihat langsung masalah masyarakat.

"Kini saatnya saudara berjanji bekerja siang dan malam, untuk memastikan setiap rakyat di seluruh pelosok bisa merasakan bagian pelayanan pemerintahan dalam hidup sehari-hari," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (12/2/2016).

"Jangan bekerja di belakang meja, turun langsung ke lapangan untuk mengetahui dan menyelesaikan masalah," tambah dia.

Jokowi menuturkan pentingnya mewujudkan janji semasa kampanye. Ia memberi contoh para kepala daerah memastikan semua rakyat di daerah yang dipimpin dapat air bersih, menikmati listrik, menikmati layanan transportasi yang terjangkau serta bisa akses layanan pendidikan dan kesehatan dengan kualitas baik.


"Jangan lupa, rakyat juga mengharapkan daya beli yang semakin kuat dengan inflasi rendah dan terkendali. Pembukaan lapangan kerja baru untuk serap pengangguran, langkah yang lebih konkrit untuk mengentaskan kemiskinan, terobosan untuk mengurangi ketimpangan antar wilayah, serta kesenjangan sosial," tegas mantan Wali Kota Solo itu.

Tidak hanya itu, Jokowi juga meminta agar para kepala daerah dapat mengikuti arah pembangunan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Kemudian, hubungan dengan gubernur dan wakil gubernur pun harus dijaga dengan baik.

"Gubernur dan wakil gubernur harus bisa jadi dwitunggal dan saling melengkapi. Kerjalah dengan baik penuh amanah, dekatlah selalu dengan rakyat, sehingga saudara jadi pemimpin terpercaya," ujar Jokowi.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • Gubernur
Loading