Sukses

7 Gubernur Terpilih Kirab Bersama Jokowi Sebelum Dilantik

Jokowi melantik 7 Gubernur dan wakil Gubernur hasil Pilkada serentak 2015 di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik 7 Gubernur dan wakil Gubernur hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2015 di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. Prosesi pelantikan 7 Kepala daerah tersebut dimulai dengan penyerahan petikan Keputusan Presiden oleh Presiden kepada masing-masing Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka.

Pantauan Liputan6.com, Jumat (12/2/2016), sebelum upacara pelantikan dimulai, para Gubernur dan Wakil Gubernur terlebih dahulu menuju Istana Merdeka dengan berjalan kaki. Mereka berjalan secara berpasangan  menuju Istana Merdeka dari Istana Negara dengan mendapatkan pengawalan dari pasukan Paspampres.

Di Istana Merdeka, para Gubernur dan wakil Gubernur yang akan memimpin daerahnya masing-masing pada periode 2016-2021 itu satu persatu menerima penyerahan petikan Keputusan Presiden. Secara berpasangan, tiap Kepala daerah menghadap Jokowi untuk menerima petikan Keppres.

Saat proses penyerahan tersebut dilakukan, Jokowi tampak didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

Setelah penyerahan petikan Keputusan Presiden, 7 pasang Kepala daerah tersebut, bersama Jokowi kemudian berjalan menuju ke Istana Negara untuk melakukan prosesi sumpah jabatan. Selama perjalanan dari Istana Merdeka menuju ke Istana Negara, para kepala daerah, bersama dengan Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dikawal kelompok marching band pasukan protokoler pengawal kenegaraan.

Prosesi kirab itu turut disaksikan keluarga para kepala daerah yang akan dilantik. Jokowi dan JK juga terlihat mengumbar senyum dan melambaikan tangan saat para keluarga kepala daerah mengabadikan gambar prosesi kirab tersebut.

Setelah para kepala daerah tiba di Istana Merdeka, 7 Kepala daerah tersebut kemudian mengambil posisi berbaris dan bersiap untuk mengikuti prosesi sumpah jabatan yang akan dipimpin Jokowi.

Acara pengambilan sumpah jabatan itu dihadiri para Menteri Kabinet Kerja, para Kepala lembaga tinggi negara dan para Ketua Partai Politik pendukung pemerintah. Beberapa yang hadir di antaranya Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR RI Ade Komaruddin dan Ketua DPD RI Irman Gusman. Sementara itu, Ketua umum Parpol yang hadir di antaranya Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri, Ketua Umum Partai Golkar versi Munas Bali Abu Rizal Bakrie dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Berikut 7 pasang Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih yang dilantik oleh Jokowi hari ini:

H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H. dan Drs. H. Rudy Resnawan (Kalimantan Selatan)

H. Zumi Zola Zulkilfi, S. TP., MA. dan Dr. H. Fachrori Umar, M. Hum. (Jambi)

Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, P.Si., M.Sc., dan Drs. H. Nasrul Abit (Sumatera Barat)

Olly Dondokambey, S.E. dan Drs. Steven O.E Kandouw (Sulawesi Utara)

Drs. H. Muhammad Sani dan Dr. Nurdin Basirun, S.Sos., M.Si. (Kepulauan Riau)

Dr. Ir. Irianto Lambrie, M.M. dan Sdr. H. Udin Hianggio (Kalimantan Utara)

Dr. H. Ridwan Mukti, M.H. dan Dr. H. Rohidin Mersyah, M.M. ( Bengkulu)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.