Sukses

KPU Tetapkan Artis Zumi Zola Menangi Pilgub Jambi

Liputan6.com, Jambi - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi sore tadi menyelesaikan rapat pleno penghitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Jambi 2015. Dari hasil penghitungan itu, artis Zumi Zola yang berpasangan dengan Fachrori Umar dinyatakan unggul atas rivalnya, pasangan Hasan Basri Agus-Edi Purwanto.

Berdasarkan hasil penghitungan akhir, pasangan nomor urut 2, Zumi Zola-Fachrori Umar meraih suara terbanyak dengan 968.497 suara atau 60,25%. Sementara, pasangan nomor urut 1 Hasan Basri Agus-Edi Purwanto memperoleh 639.075 suara atau 39,75%.

Zola-Fachrori unggul di 8 kabupaten/kota, yakni di Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Muaro Jambi, Kota Jambi, Batanghari, Tebo, Bungo, dan Kota Sungaipenuh. Sementara Hasan Basri Agus-Edi Purwanto unggul di 3 kabupaten, yakni Sarolangun, Merangin dan Kerinci.

Dengan hasil akhir penghitungan suara ini, pasangan Zola-Fachrori ditetapkan menjadi pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jambi terpilih periode 2016-2021.

Namun, ketika berita acara pleno hendak ditandatangani, saksi dari pasangan Hasan Basri Agus-Edi Purwanto langsung mengajukan interupsi ke pimpinan sidang yang dipimpin Ketua KPU Provinsi Jambi, Subhan. Ritas, selaku saksi pasangan Hasan Basri Agus-Edi Purwanto menyatakan enggan menandatangani berita acara pleno.

"Langit belum runtuh, kapal belum karam. Artinya kami akan menggunakan waktu tersisa untuk mempelajarinya," ucap Ritas di Jambi, Jumat (18/12/2015).

Sementara itu Ketua KPU Provinsi Jambi, Subhan mengatakan, KPU menghargai keputusan oleh saksi dari pasangan nomor urut 1 yang tidak menandatangani berita acara hasil pleno.

"Walaupun tidak menandatangani berita acara, namun tetap mendapatkan hasil pleno," ujar Subhan.

Anak Mantan Gubernur

Sebelum maju memperebutkan kursi orang nomor satu di Provinsi Jambi, Zumi Zola sebelumnya dikenal sebagai artis film layar lebar dan sinetron. Anak mantan Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin ini pernah menjabat sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur sejak 2012 lalu. Ia mengundurkan diri setelah ditetapkan menjadi calon Gubernur Jambi.

Sementara wakilnya, yakni Fachrori Umar adalah tokoh agama Jambi sekaligus mantan Wakil Gubernur Jambi yang pada periode sebelumnya berpasangan dengan Hasan Basri Agus. Periode kali ini Fachrori Umar memilih berganti pasangan untuk berduet dengan sang artis Zumi Zola.

Sebagai calon petahana, Hasan Basri Agus menggandeng Edi Purwanto, sosok muda yang sebelumnya duduk dalam jajaran pimpinan DPRD Provinsi Jambi. Sebelum didapuk sebagai calon wakil gubernur, Edi baru saja ditunjuk sebagai ketua DPD PDIP Provinsi Jambi.

Pasangan ini banyak 'menjual' keberhasilan program-program selama Hasan Basri Agus memimpin di periode pertama. Namun, rakyat Jambi memutuskan lebih memilih sang artis Zumi Zola.

**Saksikan pula video nazar kemenangan Zumi Zola, warga Jambi menggunduli kepala, berikut ini.