Sukses

Undian KPU Semarang, Pasangan Soemarmo-Zuber Nomor 1

Liputan6.com, Semarang - KPU Kota Semarang menggelar undian penentuan nomor urut pasangan calon yang akan berlaga di Pilkada walikota, Desember nanti. Hasilnya, pasangan Soemarmo HS-Zuber Safawi mendapatkan nomor urut 1, Hendrar Prihadi (Hendi)-Hevearita Gunaryanto Rahayu (Ita) nomor 2 dan pasangan Sigit Ibnugroho-Agus Sutyoso nomor 3.

"Proses pengundian kita buat transparan, kita cermati bersama," kata Ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono di ruang serba guna Balaikota Semarang, Selasa (25/8/2015).
 
Henry mengatakan, sebagai bukti transparansi undian dilakukan 2 tahap. Tahap pertama untuk menentukan urutan pengambilan nomer urut, dan tahap kedua pengambilan nomer urut.

Undian sempat diwarnai keributan di luar ruang rapat ketika pendukung pasangan nomor urut 1 dan nomor urut 2 berebut posisi di sisi Utara luar ruangan. Petugas kepolisian pun langsung mengamankan kondisi dan memberikan peringatan para simpatisan.

Kapolsek Semarang Selatan Kompol Ifan langsung melakukan koordinasi agar para pendukung calon ditempatkan terpisah. Pendukung nomor urut 1 di sisi Utara, pendukung nomor urut 2 di Timur, dan pendukung nomor urut 3 di sisi Selatan.

"Langsung, jadi nomor urut 1 di sana, nomor 2 di sini, 3 di sana," kata Kompol Ifan memberikan arahan ke anak buahnya (Ron/Ali)