Sukses

Herviano Widyatama, Anak Budi Gunawan Lolos ke DPR

Liputan6.com, Jakarta - Anak Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dipastikan lolos menduduki kursi DPR RI di Senayan, Jakarta. Ia adalah Mochamad Herviano Widyatama yang maju di Dapil Jateng I dari Partai PDI Perjuangan.

Hal itu diketahui dari Rekapitulasi Suara Nasional di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Rabu, 15 Mei 2019. Dalam rekapitulasi suara tersebut, Herviano diketahui memperoleh suara sebanyak 113.009 suara.

Herviano yang akrab dipanggil Vino ini diketahui tercatat sebagai caleg DPR pada Pileg 2019. Daerah pemilihannya mencakup wilayah Kabupaten Semarang, Kendal, Kota Salatiga, dan Kota Semarang.

Herviano pernah mendapatkan anugrah Caleg Milenial dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) karena dianggap mampu bersinergi dengan rakyat di Dapilnya dan menjaga hubungan baik antara pemangku kepentingan di Wilayah Jawa Tengah.

Selain Herviano, ada 26 nama caleg PDIP lain di Dapil Jateng yang diketahui melenggang ke DPR, salah satunnya adalah putri dari Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani. Puan memperoleh suara sebesar 404.304 suara dari Dapil Jateng V yang mencakup Kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sukoharjo, dan Kota Solo.

2 dari 3 halaman

PDIP Kuasai Suara Jawa Tengah

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih menguasai perolehan suara di Jawa Tengah (Jateng) dalam Pemilu 2019. Dalam rekapitulasi suara di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Rabu, (15/5/2019), 26 caleg dari PDIP dipastikan melenggang ke Senayan.

PDIP yang menempati posisi puncak perolehan suara di Jateng, kemudian disusul PKB (13 orang), Golkar (11 orang), Gerindra (8) serta Demokrat (5 orang) PKS (5 orang), Nasdem (5 orang), dan PPP (4 orang).

Putri Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani termasuk caleg dari PDIP yang dipastikan lolos di Kandang Banteng tersebut. Puan bahkan memperoleh suara tertinggi di antar koleganya.

Caleg dari Dapil Jateng V ini mendapatkan suara sebanyak 404.304 suara. Disusul Juliari P Batubara dari Dapil Jateng I yang mendapatkam suara 171.269 suara.

Di Jawa Tengah dengan jumlah pemilih lebih dari 20 juta jiwa, terdapat 1.046 caleg untuk memperebutkan 77 kursi. Ribuan caleg pun, harus bersaing ketat untuk mendapatkan sedikit kursi di DPR RI.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Jokowi Buka Kemungkinan Revisi UU Pemilu 2024
Artikel Selanjutnya
Bertemu Jokowi di Istana, Ini yang Dilaporkan KPU