Sukses

Kelelahan, Anggota KPPS di Cimahi Utara Dirawat di RSUD Cibabat

Liputan6.com, Cimahi - Anggota KPPS Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, bernama M Ramdan sudah tiga hari menjalani rawat inap di ruang kelas tiga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat, Cimahi, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (24/4/2019), Ramdan yang sebelumnya bertugas di TPS 8 Cipageran didiagnosis mengalami kelelahan oleh tim medis.

Sejak pelaksanaan pemilu, RSUD Cibabat sedikitnya sudah menangani lima orang anggota KPPS yang diduga kelelahan.

"Ini sangat menguras tenaga ya, sehari semalam nggak tidur," kata Ramdan.

"Dilaporkan adanya petugas KPPS yang menjalani perawatan, kondisinya membaik, sebelumnya mengeluh sesak nafas," ucap staf RSUD Cibabat Asep Rusyiaban.

Sementara, jatuhnya korban jiwa anggota KPPS selama pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 mendapatkan perhatian khusus dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan. Petugas kesehatan diturunkan langsung untuk memantau dan memeriksa kesehatan anggota KPPS yang sedang menggelar pemungutan suara ulang. Kondisi yang dikeluhkan anggota KPPS umumnya kelelahan dan tekanan darah yang mendadak naik. Sejumlah ambulans juga disiagakan untuk mengantisipasi situasi darurat.

Selain itu, tim urusan kesehatan Polres Subang, Jawa Barat, tiap hari berkeliling ke setiap kecamatan untuk memeriksa kesehatan petugas PPK, PPS, dan petugas keamanan, baik TNI-Polri, Satpol PP dan Linmas.

Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara yang berlangsung berhari-hari dipastikan menguras tenaga penyelenggara pemilu. Tekanan darah yang mendadak tinggi juga menjadi keluhan umum. Diduga situasi itu akibat kurang tidur dan waktu istirahat yang minim.