Sukses

Salju Mengguyur, WNI di Warsawa Tetap Semangat Ikuti Pemilu

Antusiasme WNI di Polandia untuk menjadi bagian dari pesta demokrasi ini sangat tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 204 Warga Negara Indonesia (WNI) di Polandia yang terdiri 147 pemilih terdaftar, 42 pemilih pindahan dengan surat keterangan pindah, dan 15 orang pemilih khusus yang datang hanya menggunakan identitas diri, telah mengikuti Pemilihan Umum 2019 di TPSLN Warsawa di KBRI Warsawa pada Sabtu, 13 April 2019.

Walau hujan salju sempat mengguyur Warsawa pada pagi hari ditambah udara dingin yang menusuk tulang, tidak menyurutkan semangat para WNI di Polandia untuk mengikuti pemilu kali ini, berdasarkan keterangan tertulis dari KBRI Warsawa di Jakarta, Minggu.

Dilansir dari Antara, antusiasme WNI di Polandia untuk menjadi bagian dari pesta demokrasi ini sangat tinggi.

Sejumlah warga bahkan datang dari luar kota. Ada yang pergi subuh-subuh dari kotanya menggunakan mobil pribadi, bus, maupun kereta api, dan ada juga yang datang dari hari sebelumnya, serta menginap semalam sambil berwisata di Warsawa.

Para pencoblos dan keluarganya rupanya banyak yang kangen makanan Indonesia. Terbukti, sajian kuliner Nusantara habis tak bersisa hingga penyelenggaraan pemilu di KBRI Warsawa usai.

Penyelenggaraan pemilu di KBRI Warsawa berakhir pada pukul 18.00 waktu setempat. Pemilu juga berlangsung aman dan tertib. Sebagai informasi, sebanyak 384 WNI terdaftar sebagai pemilih di Polandia, dengan 175 di antaranya melakukan pemilihan melalui pos.

Hingga 13 April 2019, total surat suara pos yang kembali diterima PPLN mencapai 204 suara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.