Sukses

Tingkatkan Partisipasi, KPU Sosialisasikan Pemilu 2019

Pada intinya kegiatan ini bertujuan memberikan informasi kepemiluan Pemilu 2019 agar bisa tersampaikan kepada seluruh masyarakat.

Liputan6.com, Barito Tengah - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menggelar kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih Pemilu 2019.

"Kegiatan ini dilaksanakan agar kita semua dan masyarakat pada umumnya dapat mengetahui dan dapat menggunakan hak pilih pada Pemilu Serentak tahun depan," ujar Ketua KPU Barito Utara Malik Muliayawan, seperti dilansir Antara, Jumat (9/11/2018).

Menurut Malik, pendidikan pemilih tersebut diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih yang didorong oleh semangat tinggi.

Pelaksanaan sosialisasi dan pendidikan pemilih Pemilu 2019, kata dia, diikuti para ketua RT wilayah Kelurahan Melayu dan Kelurahan Lanjas.

"Selain itu juga tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat, para akademisi perguruan tinggi yang ada di kota Muara Teweh, organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan, organisasi keagamaan, kelompok masyarakat dan perorangan," jelas Malik.

Sementara itu, Ketua KPU Kalteng Harmain mengatakan, pada intinya kegiatan ini bertujuan memberikan informasi kepemiluan Pemilu 2019 agar bisa tersampaikan kepada seluruh masyarakat.

"Apalagi, yang hadir pada kegiatan ini para tokoh masyarakat dan ketua-ketua RT serta tokoh masyarakat dan tokoh adat serta organisasi kemasyarakatan," kata Harmain.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Syarat Masuk DPT

Tak hanya itu, Harmain mengatakan, salah satu syarat untuk terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) adalah memiliki KTP elektronik atau e-KTP. Dan, kata dia, untuk mendapatkan informasi terdaftar atau tidak sebagai pemilih dapat dilihat melalui pengumuman.

KPU, menurut Harmain, berharap hal itu dicermati karena jika memang ada yang belum terdaftar harap didaftarkan di petugas kelurahan hingga seterusnya.

"Ini bertujuan demi kepentingan suksesnya Pemilu juga kepentingan bersama karena itu diperlukan partisipasi aktif masyarakat," tuturnya.

Jadi, kata Harmain, apa yang disampaikan ini bisa diinformasikan kembali ke masyarakat, jamaah, dan teman-teman organisasinya.

Menurutnya, tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Barito Utara tergolong rendah sekitar 59 persen, sehingga perlu diupayakan peningkatan partisipasi masyarakat.

"Oleh karena itu kembali pada kesempatan ini kami memohon setelah pelaksanaan sosialisasi ini bisa disampaikan kembali ke masyarakat kita, kawan-kawan kita, keluarga kita supaya mereka semua paham mengerti bahwa pada hari Rabu 17 April 2019 ada kegiatan besar yaitu Pemilu 2019 dan sukses Pemilu 2019 akan membawa kesuksesan juga bagi seluruh masyarakat kita mari bersama-sama," tegas Harmain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.