Sukses

Relawan Anies Baswedan Dukung AHY Jadi Cawapres

Relawan Anies Baswedan yang tergabung dalam Sekretariat Bersama Kuning Ijo Biru alias Sekber KIB, menyatakan dukungan terhadap Ketua Umum (Ketum) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres.

Liputan6.com, Jakarta Relawan Anies Baswedan yang tergabung dalam Sekretariat Bersama Kuning Ijo Biru alias Sekber KIB, menyatakan dukungan terhadap Ketua Umum (Ketum) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk mendampingi Anies sebagai calon wakil presiden (Cawapres) di Pilpres 2024.

Hal ini, disampaikan oleh perwakilan Sekber KIB dari Forum Ka'bah Membangun (FKM) Habil Matali usai menemui AHY di Kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2023).

"Sejak awal FKM ini kami deklarasikan, telah menyatakan mendukung wakil presidennya (Anies Baswedan) itu harus dari kalangan militer. Itu janji 15 November 2022," kata Habil.

Menurut Habil dalam rangka menyambut bonus demografi, di mana Indonesia akan menghadapi ledakan usia produktif, tentu membutuhkan lapangan pekerjaan. Habil menilai Anies bakal mampu mewujudkan hal tersebut.

"Oleh karena itu capres pimpinan nasional, yang bisa menyiapkan lapangan pekerjaan harus mereka yang bisa melakukan dan melampaui perubahan. KIB mendukung full Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden," kata dia.

Namun, lanjut dia cita-cita meraih bonus demografi itu juga harus didukung dengan apa yang menjadi cita-cita proklamasi yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Habil menyebut, sebagai salah satu simpul aspirasi, KIB ingin Bacapres Anies, didampingi cawapres dari kalangan militer.

"Oleh karena itu KIB dengan cara tegas melihat simpul-simpul aspirasi masyarakat adalah untuk menyambut bonus demokrasi maka tentu Anies Rasyid Baswedan harus didampingi dengan wakil presiden militer yaitu AHY," terang dia.

Lebih lanjut, dia berpandangan bahwa kombinasi sipil dan militer adalah pintu Indonesia menuju perubahan. Dia yakin, gabungan anatara militer dan sipil akan membawa Indonesia menjadi lebih maju di masa yang akan datang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anies Sudah Kantongi Nama Cawapres, Sudirman Said: Pada Waktunya Akan Diumumkan

Juru bicara Capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan, Sudirman Said, mengungkap kandidatnya sudah menentukan nama calon wakil presiden (cawapres). Sehingga, saat ini hanya tinggal menunggu waktu yang tepat mengumumkan siapa cawapres Anies.

"Nah kalau ditanya status saat ini kita sudah selesai, berdinamika, berdiskursus, berwacana, mengenai wapres dan sekarang nama itu sudah dipegang, disimpan Pak Anies dan pada waktunya tentu akan diumumkan," kata Sudirman Said saat jumpa pers, Rabu (7/6/2023).

Menurutnya, Anies saat ini sudah bukan lagi pada masa memilih siapa sosok cawapresnya. Namun, kini tinggal menentukan momen pengumuman cawapres termasuk fokusnya menyampaikan esensi pemilu.

"Tentu kita harus beri kesempatan kepada Pak Anies untuk mencari momentum hari-hari yang baik untuk disampaikan pada publik. Sekarang ini kami tidak lagi bicara cawapres, fokus pada esensi pemilu bagi Koalisi Perubahan adalah sirkulasi demokrasi, tapi juga bagi kesempatan besar," ucapnya.

Sudirman menegskan pihaknya akan mengunci rapat-rapat siapa sosok cawapres. Koalisi memberikan kesempatan pada Anies untuk mengumumkannya di saat yang tepat.

"Gini kalau sesuatu terbuka semua enak gak dilihat? Saya kasih teka teki. Jawaban saya adalah 'kita beri kesempatan Pak Anies Baswedan untuk menyimpan baik-baik, biar punya waktu terbaik untuk menjelaskan pada publik mau di dalam mau dari luar terserah," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini