Sukses

Usulan PAN Agar Erick Thohir Jadi Cawapres untuk Ganjar Pranowo Dinilai Cocok

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Politik Ujang Komarudin menyatakan duet calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden (cawapres) Erick Thohir cocok untuk dipasangkan. Kabar pasangan ini akan terwujud semakin menguat setelah PAN bertandang ke kanto DPP PDI Perjuangan Jum’at (2/6/2023) kemarin.

“Kalau saya sih melihat kalau kita bicara misalkan Erick Thohir dipasangkan dengan Ganjar ya cocok-cocok saja, bagus-bagus saja dan bisa-bisa saja,” terang Ujang, Sabtu (3/6/2023).

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini menjelaskan pertemuan antara PAN dengan PDI Perjuangan untuk membicarakan terkait koalisi dan usung mengusung capres – cawapres merupakan hal yang wajar. Apalagi PAN sudah pernah menyuarakan usulan agar Ganjar Pranowo berpasangan dengan Erick Thohir di Pilpres 2024.

Usulan ini disuarakan oleh PAN saat Rapat Koordinasi Nasional di Kota Semarang bulan Februari lalu. Kala itu Ketum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas menyuarakan usulan Ganjar Pranowo – Erick Thohir dihadapan Presiden Joko Widodo, Ganjar Pranowo dan Erick Thohir.

“Ketika Rakornas beberapa waktu yang lalu, itu kan dalam sambutannya Zulhas kan mengusulkan nama cawapresnya Ganjar itu Erick Thohir,” ujar Ujang.

Maka dari itu, ia melihat pertemuan antara PAN dan PDIP kemarin adalah upaya untuk mewujudkan kombinasi Ganjar Pranowo – Erick Thohir di Pilpres 2024 mendatang. Menurutnya, terus terbuka kemungkinan Erick Thohir untuk mendampingi Ganjar Pranowo di kontestasi demokrasi mendatang berkat negosiasi yang dilakukan oleh PAN dengan PDIP.

“Kita tahu paketannya PAN itu Ganjar dengan Erick Thohir, oleh karena itu kalau berbicara cocok atau tidak ya cocok-cocok saja Erick Thohir itu dipasangkan dengan Ganjar,” pungkas Ujang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PAN Akan Sodorkan Nama Erick Thohir untuk Cawapres Ganjar Pranowo

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan jajaran akan menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (2/6/2023).

Ketua Dewan Pakar DPP PAN Dradjad Wibowo menyatakan, pertemuan ini akan membahas terkait rencana dukungan PAN untuk Capres PDIP, Ganjar Pranowo.

“Memang ada rencana silaturahmi bang Zul dengan Bu Mega. Soal mas Ganjar, di PAN aspirasi terkuat memang Ganjar-Erick (Thohir),” kata Dradjad pada wartawan, Jumat (2/6/2023).

Selain itu, Dradjad mengungkapkan PAN juga akan dorong Menteri BUMN Erick Thohir sebagai cawapres Ganjar. 

“Yang jelas PAN terus mendorong Erick sebagai Cawapres,” kata dia.

Meski demikian, Dradjad menyebut pihaknya tidak akan terburu-buru menyodorkan nama ke PDIP sebab politik sangat dinamis. 

“Tapi PAN tidak grasa-grusu, dan semua opsi masih mungkin terjadi,” pungkasnya

Sebelumnya, berdasar undangan resmi yang diterima, PDIP mengundang awak media untuk meliput agenda dukungan terhadap Ganjar.

“Menyikapi dukungan terhadap bakal capres Ganjar Pranowo, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri dan jajaran akan menerima Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan jajarannya pada Jumat, 2 Juni 2023, Pukul : 14 30 WIB,” demikian isi undangan tersebut. by Taboola

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini