Sukses

Alasan PAN Belum Putuskan Dukungan Capres ke Ganjar Pranowo

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP PAN Saleh Daulay mengungkap, bahwa PDIP menawarkan PAN untuk mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 saat pertemuan kemarin. Namun sampai saat ini PAN belum memutuskan apakah akan mendukung Ganjar Pranowo atau bukan. 

"Dalam pertemuan kemarin, PDIP dan PAN juga membicarakan soal capres dan cawapres. PDIP menawarkan Ganjar Pranowo untuk didukung secara bersama-sama. Tentu PAN sangat mengapresiasi dan menghormati tawaran tersebut," kata Saleh dalam keterangannya, Sabtu (3/6/2023).

Saleh menuturkan, PAN selama ini sudah dekat dengan Ganjar. Selain itu, komunikasi Ketum PAN Zulkifli Hasan dengan Ganjar sudah sangat baik. Paling tidak, PAN sudah lama mengenal dan mengikuti jejak kepemimpinan Gubernur Jawa Tengah itu.

"Namun harus diakui bahwa PAN belum memutuskan untuk mendukung salah seorang capres. Perlu dirumuskan dan disampaikan ke internal PAN. Pandangan dan masukan semua kader perlu didengar. Tujuannya, agar semua mesin politik yang dimiliki PAN bisa berjalan seirama," tuturnya.

Saleh melanjutkannya, dalam konteks itu PAN akan tetap melakukan komunikasi lanjutan dengan PDI Perjuangan. Terlebih, pada pertemuan kemarin disepakati bahwa PDI Perjuangan juga akan melakukan kunjungan ke DPP PAN.

"Kalau kemarin, kan baru pertemuan pertama. Pertemuan berikutnya diharapkan akan lebih memperkaya perspektif semua pihak. Semakin banyak diskusi dan silaturrahim, akan semakin baik bagi bangsa dan negara kita," tutupnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usai Bertemu PDIP, PAN Akan Bertemu Elite Gerindra Senin Besok

Wakil Ketum PAN Yandri Susanto menyatakan, pihaknya akan bertemu elite dari Partai Gerindra. Pertemuan itu akan digelar di Kantor DPP PAN pada Senin (5/6/2023).

"Ya Insyaallah dalam waktu dekat Gerindra ke DPP PAN. Senin Insyaallah," kata Yandri pada wartawan dikutip, Sabtu (3/6/2023).

Menurut Yandri, kunjungan Gerindra akan dihadiri Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Harian DPP Gerindra Dasco.

"Nggak, nggak (Prabowo langsung). Insyaallah Bang Dasco, Bang Muzani, dan kawan-kawan. Ya termasuk menjajaki koalisi. Sama (seperti dengan PDIP)," tuturnya.

Saat ini, Yandri mengaku pihaknya memiliki 2 opsi dukungan capres, yakni Menhan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Masih dua itu antara Ganjar dan Pak Prabowo. Akan ada pertemuan lagi (dengan PDIP)," pungkasnya.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.