Sukses

Megawati: Prinsip Politik PDIP dan PAN Sudah Sangat-Sangat Sama

Liputan6.com, Jakarta - Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menyatakan sikap dan prinsip politik antara PDIP dan PAN memiliki banyak persamaan. Meski demikian, Megawati belum menyampaikan apakah PAN akan segera melakukan deklarasi resmi mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres.

"Bertamunya ini baru satu kali. Meskipun sudah ada, kalau di politik itu prinsip-prinsip pokok politik yang kalau dilihat tadi kesamaannya sudah sangat-sangat sama," kata Megawati di Kantor DPP PDIP, Jumat (2/6/2023).

Menurut Mega, deklarasi resmi kerjasama PDIP dan PAN hanya menunggu waktu dan urusan teknis saja.

"Tinggal nanti yang tadi juga ada sebuah kesepakatan bahwa karena tentu akan tertuangkan ke dalam masalah proses teknis," ujar Megawati.

Sementara itu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan belum secara terang-terangan menyampaikan deklarasi mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

Usai pertemuan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Zulhas justru menyebut ini baru pertemuan pertama untuk membahas rencana koalisi, sehingga belum ada pernyataan resmi dukungan.

“Ini pertemuan pertama kami yang penuh persaudaraan, persahabatan, saling pengertian. Tapi ini pertemuan pertama," ujar Zulhas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 2 halaman

Akan Kembali Diskusi

Zulhas menyebut pihaknya akan berdiskusi kembali di internal PAN sebelum melakukan pertemuan kedua dengan PDIP yang akan dipimpin oleh Ketua DPP Puan Maharani.

"Mbak Mega sudah ada tim juga kan, setelah kami rapat tentu akan berkomunikasi dengan tim yang dibentuk oleh PDI Perjuangan. Ada dipimpin oleh Bu Puan," kata Zulhas.

Mendag itu berharap segera ada pertemuan lanjutan antara DPP PAN dan PDIP.

“Kita harapkan ada pertemuan-pertemuan lanjutan setelah dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional melakukan diskusi-diskusi apa yang kami bahas tadi,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini