Sukses

Anies Baswedan Bertemu SBY di Pacitan, Kode Keras AHY Jadi Cawapres 2024?

Pertemuan antara Anies, SBY dan juga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dilakukan secara tertutup.

Liputan6.com, Pacitan - Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan menemui Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pacitan, Jawa Timur, Kamis (1/6/2023).

Pertemuan antara Anies, SBY dan juga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dilakukan secara tertutup.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon menjelaskan, dalam pertemuan tersebut, Anies tidak datang sendiri, melainkan diikuti tim kecil.

"Mas Anies tak sendiri. Sama tim kecil turut ikut," kata Jansen kepada awak media di Pacitan, dilansir dari Antara.

Politisi senior Partai Demokrat itu juga tidak menjelaskan orang-orang dalam tim kecil yang mendampingi mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Tadi datang siang. Yang pasti mas Anies (Anies Baswedan) datang ke Pacitan ditemui oleh Pak SBY dan AHY," ujar Jansen lagi.

Pertemuan Anies dan SBY serta AHY di Pacitan dikabarkan juga dalam rangka untuk memperkuat rencana pengumuman calon wakil presiden pada pilpres 2024 nanti.

Anies selaku calon presiden dari Koalisi Perubahan dikabarkan akan mengumumkan bakal calon wakilnya pada minggu ini atau paling lambat pekan depan.

Selain bertemu SBY dan AHY membahas persiapan tahapan pencalonan Anies Baswedan dalam kerangka Koalisi Perubahan untuk Persatuan, mantan Rektor Universitas Paramadina itu dijadwalkan menghadiri peringatan (haul) ke-4 meninggalnya Ibu Negara ke-6 RI Ani Yudhoyono di Pacitan, 1 Juni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertemuan di Pulau Seribu

Ketua DPP Partai NasDem Taufik Basari mengungkapkan para petinggi Koalisi Perubahan membahas soal calon wakil presiden yang akan mendampingi Anies Baswedan. Pertemuan ini dilakukan di pulau pribadi milik Surya Paloh di Kepulauan Seribu, Jakarta.

"Jadi banyak hal yang termasuk juga ya cawapres dan sebagainya juga bagian dari poin-poin yang mungkin menjadi bahan diskusi pada saat itu," ungkap Taufik di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (31/5/2023).

Lebih lanjut, dia mengatakan ketiga partai politik bertemu dalam suasana yang sangat akrab dengan semangat kekeluargaan.

"Ini untuk menunjukkan bahwa memang koalisi ini masih sangat solid dan kita tentu siap untuk melanjutkan langkah-langkah berikutnya. Jadi tidak ada yang berubah terkait dengan koalisi ini dan kita justru semakin solid untuk melangkah ke depan," ujarnya.

Taufik menyebut kehadiran pimpinan dan petinggi PKS dan Demokrat itu juga untuk mengungkapkan rasa empati atas penetapan tersangka Sekjen NasDem Johnny G. Plate.

Dia menyampaikan bahwa pertemuan dihadiri masing-masing ketua umum. Mulai dari Surya Paloh, kemudian Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

"Hadir langsung Pak AHY ya dengan sekjennya dengan petinggi Partai Demokrat. Lalu Pak Salim Assegaf Al Jufri dengan Presiden PKS Pak Syaikhu, Pak Sohibul Iman, ada Pak Muzammil dan beberapa petinggi PKS lainnya," kata Taufik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.