Sukses

Figur Erick Thohir Dinilai Buat Parpol Kepincut untuk Mengusungnya Sebagai Cawapres

Kemampuan kepemimpinan Erick Thohir dinilai telah banyak diakui elite parpol dan masyarakat sehingga tertarik untuk mengusungnya sebagai cawapres pada Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Pariytno menilai figur Menteri BUMN Erick Thohir memiliki kemampuan yang banyak membuat partai politik kepincut untuk mengusungnya sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Di antara kemampuan tersebut adalah menteri terbaik dan andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini merupakan pengusaha sukses dan memiliki kemampuan kepemimpinan yang luar biasa.

“Selain pengusaha sukses, Erick Thohir juga memiliki leadership di atas rata-rata,” terang Adi, Kamis (1/6/2023).

Seperti halnya di Kementerian BUMN, Erick Thohir berhasil membawa banyak perubahan positif sebagai nakhoda. Sejak dipimpin oleh Eks Presiden Inter Milan ini Kementerian BUMN terus mencatatkan peningkatan laba secara konsisten setiap tahunnya.

Mulai dari Rp 13 triliun di 2020 menjadi Rp 124,7 triliun pada 2021. Kemudian angka laba ini terus meningkat di tahun 2022 dengan menyentuh Rp 303 triliun.

Demikian pula dengan dividen kepada negara dari Kementerian BUMN yang mencatatkan rekor terbesar sepanjang sejarah. Dividen dari Kementerian BUMN kepada negara tercatat sebesar Rp 80 triliun.

Tak hanya itu, kehadiran Erick Thohir di Kementerian BUMN juga berhasil mendorong kolaborasi antara korporasi dan masyarakat. Di mana Anggota Kehormatan Banser NU ini menggalakkan berbagai program untuk menggerakkan perekonomian masyarakat.

Program ini di antaranya adalah KUR, Mekaar dan Makmur. Program ini juga berhasil memulihkan perekonomian masyarakat selama pandemi Covid-19 kemarin.

Setelah menjadi Ketum PSSI pun Erick Thohir terus menorhkan keberhasilan sebagai seorang pemimpin. Ia baru saja mengakhir puasa medali emas selama 32 tahun di cabang olah raga sepak bola pada ajang SEA Games Kamboja 2023 lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kepemimpinan Erick Thohir Diakui Elite Parpol

Maka dari itu, kemampuan kepemimpinan Erick Thohir telah banyak diakui oleh elite parpol dan masyarakat sehingga tertarik untuk mengusungnya sebagai cawapres pada Pilpres 2024. Di samping itu, kekuatan logistik Erick Thohir juga masuk dalam pertimbangan parpol untuk diusung menurut Adi.

Mengingat dalam ajang kontestasi demokrasi, setiap pihak yang berpartisipasi membutuhkan logistik yang besar.

“Erick Thohir memiliki logistik yang cukup memadai, karena ongkos pemilu 2024 yang dianggap cukup mahal,” tutup Adi Prayitno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.