Sukses

Anies Baswedan Akan Bertemu dengan SBY di Pacitan Siang Ini, Sinyal Kuat AHY Cawapres?

Bakal calon presiden (Bacapres) dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan, akan bertemu Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di Pacitan, Jawa Timur, Kamis (1/6/2023) Siang.

Liputan6.com, Jakarta Bakal calon presiden (Bacapres) dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan, akan bertemu Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di Pacitan, Jawa Timur, Kamis (1/6/2023) Siang.

Selain dengan SBY, Anies juga akan bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Iya, benar. Siang ini calon presiden dari Koalisi Perubahan, Mas Anies Baswedan akan ke Pacitan. Rencananya bertemu Bapak SBY dan Mas AHY," Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra, saat dikonfirmasi, Kamis (1/6/2023).

Kendati demikian, Herzaky tak menjelaskan secara detail maksud dan tujuan Anies bertemu dengan SBY dan AHY di Pacitan.

Dia hanya mengaku, pertemuan tersebut memang intens dilakukan baik dengan Demokrat maupun dengan partai mitra Koalisi Perubahan yakni PKS dan NasDem.

"Anies memang intens bertemu dengan Demokrat, Nasdem, PKS. Untuk penguatan dan pemantapan strategi pemenangan. Pertemuan siang ini juga bagian dari itu," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengungkapkan nama AHY masuk sebagai salah satu kandidat cawapres Anies, bersanding dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher.

Dia menyampaikan bahwa ketiga parpol sepakat agar proses penentuan cawapres dilakukan lebih cepat untuk menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Demokrat Tegaskan Tidak Beri Harga Mati AHY Jadi Cawapres Anies

Koordinator Juru Bicara DPP Demokrat, Herzaky Mahendra Putra menyatakan, pihaknya tidak akan memberi harga mati kepada Koalisi Perubahan agar menyepakati Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai bakal cawapres dari Anies Baswedan.

Menurut Herzaky, harga mati bagi Demokrat adalah Anies sebagai capres dari Koalisi Perubahan.

“Ketum AHY mengingatkan kami, rakyat yang utama. Rakyat menginginkan perubahan. Karena itu kami mencari teman sejalan dan bertemulah dengan Nasdem dan PKS. Kami pun bersepakat membentuk Koalisi Perubahan dan mengusung Anies Baswedan sebagai bacapres. Inilah harga mati bagi kami,” kata Herzaky saat dikonfirmasi, Selasa (23/5/2023).

Herzaky memastikan, pihaknya tidak akan memaksakan nama siapa pun kepada Anies agar dipilih menjadi pendampingnya di Pilpres 2024.

“Cawapres, kami ingin yang terbaik. Selaras dengan Mas Anies. Punya semangat memperjuangkan perubahan untuk rakyat,” kata dia.

Hanya saja, lanjut Herzaky, Demokrat juga memiliki syarat, bakal cawapres Anies harus seorang tokoh yang bisa turut menyumbangkan kemenangan Koalisi Perubahan di Pilpres 2024.

“Agar bisa meraih kemenangan di Pemilu 2024,” pungkasnya.

 

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.