Sukses

PDIP Sebut 90 Persen Warga Banten Sukai Ganjar Pranowo, Demokrat: Ada Istilah Political Claim

Pernyataan Ade Sumardi, Ketua DPD PDI Perjuangan Banten, yang mengatakan ada 90 persen warga Banten menyukai Ganjar Pranowo dikritik oleh Demokrat.

Liputan6.com, Jakarta Pernyataan Ade Sumardi, Ketua DPD PDI Perjuangan Banten, yang mengatakan ada 90 persen warga Banten menyukai Ganjar Pranowo dikritik oleh Demokrat. Partai berlambang mercy itu mempertanyakan dasar ucapan tersebut.

Melihat hasil Musyawarah Rakyat (Musra) yang dipublikasikan pada 23 November 2022, ada nama Airlangga Hartarto di angka 18,48 persen, Ganjar Pranowo 16,36 persen dan Prabowo Subianto sebesar 15,82 persen.

Jika berkaca pada hasil survei Poltracking yang dipublikasikan pada 15 Desember 2022, ada tiga nama besar yang ada dipuncak, yakni Anies Baswedan 47,6 persen, Prabowo 28,5 persen dan Ganjar Pranowo di angka 16,1 persen.

"Saya tidak tahu angka 90 persen itu berasal dari mana, kalau hasil survei, lembaga surveinya apa," ujar Nawa Said Dimyati, Wakil Ketua DPRD Banten asal Demokrat, melalui selulernya, Selasa (30/05/2023).

Pria yang menjabat sebagai Ketua DPC Kabupaten Tangerang itu menerangkan, dalam politik ada namanya klaim politik. Sehingga, kalau itu hanya klaim sepihak tanpa dasar yang jelas, tidak perlu ditanggapi secara serius.

"Kalau hanya sekedar klaim, saya pikir tidak perlu ditanggapi. Kan biasa dalam politik Ini ada istilah political claim," terangnya.

Pria yang akrab disapa Cak Nawa itu tidak mau mengklaim berapa tingkat kesukaan masyarakat Banten kepada Anies Baswedan sebagai capres ataupun AHY sebagai cawapres.

Dia lebih percaya terhadap hasil survei yang dilakukan lembaga kredibel, berapapun hasilnya, dibanding melakukan klaim semata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Demokrat Sebut Anies Baswedan Tak Lakukan Mobilisasi Masa Saat ke Banten

Terlebih, menurut Cak Nawa, saat kedatangan Anies Baswedan dan AHY ke Banten, tidak melakukan mobilisasi massa. Namun masyarakat datang secara sukarela dan mendapat sambutan yang baik.

"Saya belum baca survei terakhir terkait dengan hasil survei khusus Banten untuk Mas AHY dan Mas Anies. Kalau saya melihat kemarin ketika beliau melakukan road show baik Pak Anis, maupun Mas AHY ketum Partai Demokrat, tanggapan masyarakat cukup puas dan natural, meskipun kami tidak melakukan pengerahan massa," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa, Ketua DPD PDI Perjuangan Banten, mengatakan 90 persen masyarakat Banten menyukai Ganjar Pranowo. Hal itu dikatakannya dihadapan Gubernur Jawa Tengah itu pada Sabtu, 27 Mei 2023, saat capres berambut putih keliling Banten.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini