Sukses

Pengamat: Peluang Erick Thohir Diduetkan Prabowo Subianto Selalu Terbuka

Erick dinilai memiliki kelayakan untuk merangkul kaum milenial. Serta mengedepankan jargon anti korupsi yang selama ini ia lakukan di Kementerian BUMN.

Liputan6.com, Jakarta Nama Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir semakin diperbincangkan menuju Pemilu 2024 mendatang. Beredar kabar bahwa Erick Thohir akan cocok bila dipasangkan dengan Prabowo Subianto.

Menurut Pengamat Politik Indonesia Ujang Komarudin menilai, jika Erick merapat ke Prabowo Subianto harus ada beberapa persyaratan yang harus ia lewati. Karena seperti diketahui, saat ini Prabowo diisukan dekat dengan Muhaimin Iskandar.

“Peluang Erick Thohir dan Prabowo Subianto diduetkan selalu terbuka. Tapi yang terpenting bisa menaklukkan Prabowo dan Muhaimin, karena kan koalisinya Gerindra dan PKB,” kata Ujang Komarudin, Jumat (26/05/2023).

Lebih lanjut, Erick dinilai memiliki kelayakan untuk merangkul kaum milenial. Serta mengedepankan jargon anti korupsi yang selama ini ia lakukan di Kementerian BUMN.

Kendati demikian, pencocokan antara Erick dan Prabowo masih terlalu dini untuk disimpulkan. Karena, Ujang menambahkan kontestasi Pemilu 2024 ini masih jauh.

“Dinamikanya berubah-ubah, kita lihat ke depan,” ujar dia.

Selain itu, Ujang menjelaskan untuk saat ini nama Erick Thohir menjadi satu-satunya yang cocok bila menjadi cawapres dari Ganjar dan juga Prabowo.

“Yang jelas, Erick Thohir, cocok-cocok saja jika dipasangkan dengan Ganjar maupun jika dipasangkan dengan Prabowo,” ungkap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Dinilai Cawapres Paling Kuat Didukung Masyarakat

Pengamat Politik dari UIN Jakarta Zaki Mubarak mengatakan, menuju Pilpres 2024 Erick Thohir menjadi sosok yang terus menguat di masyarakat. Tingginya popularitas Erick Thohir bahkan ungguli Sandiaga Uno.

“Erick Thohir relatif punya dukungan kuat di masyarakat dibanding Sandiaga Uno,” kata Zaki dikutip Jumat (26/5/2023).

Situasi tersebut, dia menilai, tentu semakin menguatkan modal Erick Thohir maju sebagai cawapres. Selain daripada itu, juga menjadi bukti Eks Presiden Inter Milan ini sebagai pemimpin yang didambakan masyarakat.

Kondisi tersebut semakin menguat bila merujuk dari hasil temuan survei Poltracking Indonesia periode 5-19 April 2023. Elektabilitas Erick Thohir meningkat signifikan hingga mencapai angka sebesar 17,1 persen.

Hadirnya capaian tersebut, lanjut dia, tentu semakin membuka peluang besar hadirnya pinangan dari partai politik (parpol). Dia menilai karakteristik Erick Thohir sangat cocok mendampingi siapapun figur calon presidennya.

“Saya melihat potensi pak Erick Thohir lebih tinggi untuk bisa maju dalam kontestasi Pilpres 2024 nanti sebagai cawapres dipasangkan di manapun,” terang Zaki. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini