Sukses

Keunggulan Erick Thohir Sebagai Cawapres dari Sudut Pandang Media

Hasil survei nasional Indikator Politik Indonesia menunjukan tren kenaikan elektabilitas Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) terus melesat.

Liputan6.com, Jakarta - Hasil survei nasional Indikator Politik Indonesia menunjukan tren kenaikan elektabilitas Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) terus melesat. Hal ini berbanding terbalik dengan tren tokoh lain seperti Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono, yang cenderung stagnan atau menurun.

Pimpinan Redaksi SCTV, Retno Pinasti, menyampaikan keterkaitan tren tersebut dengan media exposure yang berdampak kepada para kandidat cawapres.

"Memang benar, kalau dikaitkan dengan media exposure, RK melonjak di Juni 2022 karena ada peristiwa yang jadi perhatian hampir seluruh media dengan intensitas dan durasi yang sangat panjang," ujar Retno dalam hasil survei nasional Indikator Politik Indonesia bertajuk "Dinamika Elektoral Capres dan Cawapres Pilihan Publik dalam Dua Surnas Terbaru" di Jakarta, Minggu (26/3/2023).

Sementara Erick, lanjut Retno, terus mengalami peningkatan dari sisi media exposure sejak awal tahun hingga Maret 2023.

Retno mengatakan proses pendaftaran hingga pemilihan sebagai Ketua Umum PSSI menjadikan Erick mendapatkan sorotan jauh lebih banyak dari pada calon lain. Retno mengatakan perbincangan terhadap Erick juga datang dari harapan besar pecinta sepakbola yang merindukan perubahan pada tubuh PSSI dan sepakbola tanah air.

"Di sini, ET punya keuntungan dibanding calon lain karena dapat publikasi yang tidak perlu susah payah menciptakan momen, peristiwa, atau gimmick untuk jadi headline. Dengan fokus memperbaiki PSSI dan menyukseskan Piala Dunia U-20 kemungkinan akan jadi berita baik yang berkaitan dengan aspek kedisukaan," ucap Retno.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangkauan Audiens yang Luas

Retno mengatakan Erick kini memiliki jangkauan audiens yang lebih luas.

Jika sebelumnya, audiens Erick mayoritas pada segmen news lantaran posisinya sebagai Menteri BUMN, Retno mengatakan saat ini audiens Erick meluas hingga ke segmen olahraga.

"Audiens sport lebih besar daripada audiens news. Selama ini kinerja Menteri BUMN banyak diulas di berbagai program nerita, kini masuk ke program berita juga program olahraga dan kira tahu pecinta sepak bola sangat besar," kata Retno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.